Pemprov Bayar Hutang Pakai APBD 2018

by

Ambon, ameksOnline.- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menargetkan hutang ke pihak ketiga akan diselesaikan di bulan kedua tahun 2019. Total hutang pemerintah mencapai Rp177 miliar.

Jumlah itu, merupakan total hutang di semua Perangkat Daerah atau Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Pembayaran yang akan dilakukan secara bertahap. Pembayaran diambil dari APBD Provinsi Maluku Tahun 2018 dan juga APBD Perubahan.

Proses pembayaran sudah mulai dilakukan. “Pembayaran sudah mulai berjalan, sejak dua minggu lalu di di bulan ini (Januari),” ujar Kepala Keuangan dan Aset Daerah Setda Provinsi Maluku, Lutfi Rumbia, sore tadi.

Lutfi Rumbia yang konfirmasi via saluran telephone, Selasa (22/1), itu bahkan memastikan hutan ke pihak ketiga akan diselesaikan secepatnya.”  Targetnya, di bulan Februari 2019 ini sudah bisa di selesaikan,” tandas dia.

Menyoal, berapa jumlah sudah terbayar dari total keselurahan beban hutang daerah, Ia belum dapat merincikan.

” Angka pastinya, saya kurang hafal. Yang pastinya, disesuaikan dengan pengakuan hutang dari masing-masing OPD. Jadi, dari OPD yang membuat pengakuan utang lalu kita bayar,” jelas dia. Pembayaran, sudah dimulai sejak tangga 5 Januari 2019.(ERM)