Tiga Parpol Ini Bakal Rebut Kursi DPR – Ambon Ekspres
Berita Utama

Tiga Parpol Ini Bakal Rebut Kursi DPR

Ambon, ameksOnline.- Figuritas dan basis partai politik sama-sama punya daya pikat dalam pemilu legislatif terutama kursi DPR RI. Persaingan mendapatkan kursi dari empat kursi jatah Maluku di Senayan terbilang ketat, karena calon yang diusung punya basis massa besar.

Partai besar, seperti Golkar dan PDIP, diyakini tetap akan memiliki kursi di DPR RI. “Dua partai ini memiliki basis partai massa loyalis besar. Disamping figuritas calon yang diusung,” kata pengamat politik dari Universitas Pattimura, Amir Kotarumalos kepada ameksOnline.

Disamping dua parpol itu, kata dia, Nasdem punya peluang jauh lebih besar merebut kursi. Komposisi caleg Nasdem juga cukup baik dalam mendulang suara. Nasdem sendiri, mengusung Rosita Usman, Abdullah Tuasikal, Ros Far Far, dan Viktor Loupatty.

“Komposisi mereka cukup baik untuk mendulang suara,” kata Amir. Siapa yang bakal terpilih, Amir lebih cenderung melihat peluang Abdullah Tuasikal. Kata dia, basis massa besar Abdullah Tuasikal di Maluku Tengah, dan kekuatannya mendulang suara di kabupaten kota lain, cukup besar.

Menurut dia, meski diserang soal dinasti politik yang ditanamkan Abdullah Tuasikal di Malteng, tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi pemilih. Kata dia, sejak lama wacana ini dibangun, namun tidak dapat mendepak sosok Abdullah Tuasikal dari pentas politik di Maluku.

Pertarungan cukup berat, kata dia, ada di internal PDIP. Mercy Barends dan Safitri Malik Soulisa akan bertarung merebut satu kursi. Mercy petahana, dan Safitri isteri Bupati Buru Selatan, Tagop Soulisa.

Menurut Amir, Safitri akan mengandalkan basis massa di Bursel. Bursel punya 51 ribu pemilih. “Angka ini cukup besar. Safitri akan menang telak disana. Tinggal bagaimana dia bisa mendulang suara lagi di kabupaten dan kota lainnya. Tapi memang tak mudah, karena basis massa Mercy juga cukup besar,” kata dia.

Sementara Golkar, Amir masih melihat sosok Edison Betaubun. Meski dia punya ekspektasi rendah terhadap komposisi caleg  untuk mendulang suara, namun basis kepartaian Golkar yang cukup besar akan memenangkan Beringin.

Soal daya pengaruh Said Assagaff Ketua DPD Golkar Maluku yang kecil paska kekalahan di Pilgub Maluku, kata dia, tidak masalah. Golkar, lanjut dia, kuat di kabupaten dan kota. “Assagaff boleh kalah di pilgub, tapi kekuatan Golkar di kabupaten dan kota cukup besar untuk memenangkan partai ini di pemilu,” kata dia.

Dia merujuk pada hasil pemilu ke pemilu, Golkar selalu mendapatkan jatah kursi. Ini, lanjut dia, menjadi ukuran untuk memperkirakan satu kursi untuk Golkar. “Jadi tidak mudah untuk mengalahkan Golkar di Maluku,” pungkas dia.(yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top