Freighter Cargo Percepat Ekspor Maluku – Ambon Ekspres
Berita Utama

Freighter Cargo Percepat Ekspor Maluku

Ambon, ameksOnline.- Masuk 2019, Maluku terus menggenjot ekspor. Sepanjang Januari sudah dua kali ekspor perikanan ke dua Negara, Singapore, dan Malaysia. Ekspor dilakukan langsung dari Pelabuhan Jos Soedarso Ambon.

Tak hanya sarana pelabuhan yang bisa dijadikan pintu ekspor. Bandara Udara Pattimura juga bisa menjadi sarananya.  Ekspor langsung untuk komoditi perikanan (ikan segar) misalnya, sangat dimungkinkan untuk pengiriman lewat udara karena sifatnya yang resible.

“Melihat potensi ini, kita harap ada kerjasama dengan pihak eksportir untuk bagaimana memanfaatkan fasilitas yang disediakan, yakni penerbangan kargo ( Freighter Cargo). Kapasitas muatan 15 ton yang disediakan Garuda Indonesia Airlines bersama PT My Ibdo Airlines,” General Manager Garuda Indonesia Cabang Ambon, Karyadi, Sabtu(26/1).

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak dan manfaat untuk mempercepat pengiriman barang kargo ke luar Maluku. Kata dia, dengan potensi komoditi marine product, seperti kepiting dan tuna, Ambon menjadi salah satu rute yang  dipilih dalam operasi Freighter Cargo.

“Yang jadwalnya diatur dalam seminggu pada hari sabtu, dengan rute Ambon-Denpasar. Dengan adanya pesawat ini, kami berharap ada dukungan dari semua pihak baik pemerintah maupun swasta untuk dapat bekerjasama mengoptimalkan kiriman dari Maluku ke luar negeri,” harapnya.

Sepanjang 2018 tercatat pengiriman barang (ekspor) dari Maluku yang dilakukan ke beberapa negara tujuan melalui Udara 175 peb, devisa $2,7juta USD, tonage 380 MT,” paparnya.

Negara tujuan, Jepang ( osaka, Narita, haneda ), Australia ( sidney ) untuk komoditi fresh tuna Whole. Sedangkan Singapura dan Malaysia baru-baru ini melakukan ekspor dengan komoditi non ikan, yaitu kepiting hidup. (IWU)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top