BPBD Aru: 4 Rumah Rusak Berat 

by

Ambon, ameksOnline.-  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aru, merilis kerusakan yang diakibatkan angin kencang disertai hujan pagi tadi. Lima pohon tumbang dan empat rumah warga rusak parah.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Aru menyebutkan, angin kencang terjadi pada pukul 11.56. Tiga pohon di depan kantor bupati di jalan Siwalima,  Dobo, satu pohon di samping kantor BLPLH dan satu pohon di jalan utama depan Bandara Rar Gwamar tumbang.

“Sampai Sekarang belum ada informasi terkait korban jiwa. Namun empat rumah penduduk mengalami kerusakan. BPBD, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar)dan TNI masih masih menebang pohon yang tumbang tersebut,”kata kepala BPBD Kepulauan Aru, Fedrik Hendrik kepada AmeksOnline, Senin (28/1).

Fedrik menambahkan, selain pohon, 4 rumah di kecamatan Benjina juga rusak parah. Namun, ia belum merinci datanya. “Iya. Tapi, itu angin yang pertama kira-kora pukul 09.00. Dan sudah dihubungi camat setempat. Sebentar camat datng baru laporan selengkapnya,”jelasnya.

Sementara itu, update peringatan dini cuaca Maluku yang dikeluarkan BMKG sampai siang tadi menyebutkan, beberapa wilayah di Maluku masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat.

Kondisi itu terjadi di wilayah, Kota Tual, Kecamatan Pulau Dullah Utara, Pulau Dullah Selatan, Tayando Tam, Pulau-pulau Kur dan sekitarnya. Di Kabupaten Maluku Tenggara juga terjadi di Kecamatan Kei Besar, Kei Besar Selatan, Kei Besar Utara Timur, Kei Kecil, Kei Kecil Barat, Kei Kecil Timur, dan sekitarnya.

Demikian juga di Kepulauan Aru diantaranya Kecamatan Aru Selatan Timur, Aru Tengah Selatan, Aru Selatan, Aru Selatan Utara, Aru Tengah, Aru Tengah Timur dan sekitarnya.

Di Kabupaten Maluku Tenggara Barat potensi kondisi cuaca buruk juga berpeluang terjadi di Kecamatan, Tanimbar Utara, Yaru, Selaru, Wertamrian, Wermaktian, Kormomolin, Wuarlabobar, Nirunmas, dan sekitarnya.

Sementara di Kabupaten Maluku Barat Daya, cuaca buruk berpeluang terjadi du Kecamatan Pulau-pulau Babar Timur, Pulau-pulau Babar, Moa Lakor, Mdonahiera dan sekitarnya. (TAB)