Gubernur Restui Tiga Nama Untuk Sekda Malteng

by

Ambon, ameksOnline.- Gubernur Maluku, Said Assagaff akhirnya merestui, dan mengajukan tiga nama calon Sekertaris Daerah (Sekda) kabupaten Maluku Tengah, ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Mereka diantaranya, Rakib Sahubawa, Latif Ohorella, dan Johosua Ronald Hetharia.

Informasi yang diperoleh koran ini menyebutkan, ketiga nama tersebut, merupakan hasil dari seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

“Dari lima orang yang mengikuti seleksi JPTP, hanya tiga orang yang dinyatakan lolos. Tiga nama itu juga sudah mendapat restu dari pak gubernur, dan pak gubernur sendiri telah mengirimkan ketiga nama itu ke KASN,”kata sumber koran ini, kemarin.

Menurut dia, ketiga orang itu, kini tinggal menunggu satu diantaranya yang mendapat rekomendasi dari KASN, untuk dilantik oleh Bupati Tuasikal Abua, sebagai Sekda Maluku Tengah, secara definitif.

“Mereka tinggal menunggu saja, satu diantara mereka yang dapat rekomendasi dari KASN, untuk dilantik sebagai Sekda,”timpalnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Maluku Tengah, Siti Hubna Soumena, yang dikonfirmasi terkait informasi tersebut, memilih hemat berbicara. Menurut dia, proses tersebut, merupakan kewenangan dari
panitia seleksi (Pansel) calon sekda Malteng.

“Proses seleksi PJPT memang sudah selesai pada 7 Februari, namun soal nama-nama yang memiliki akumulasi nilai terbaik kita tidak tahu. Itu kewenangan Pansel,”kata mantan Camat Leihitu ini, ketika dikonfirmasi kemarin.

Meski mengaku, tidak tahu soal tiga nama kandidat yang meraih akumulasi nilai terbaik, Soumena memastikan, bahwa seluruh tahapan seleksi berjalan secara profesional dan sesuai dengan mekanisme.

“Hasil seleksi berupa akumulasi perolehan nilai seluruh tahapan seleksi bahkan sampai tiga nama itu juga, sudah mendapatkan persetujuan dari pak gubernur. Selanjutnya, tinggal Pansel mengantar hasil seleksi berupa tiga nama tersebut ke KASN, untuk diterbitkan rekomendasi. Tinggal Bupati melaksanakan pelantikan terhadap satu nama yang memiliki kualifikasi terbaik,”tandas wanita berkerudung ini.

Sekadar tahu, lima calon Sekda Maluku Tengah, yang diseleksi diantaranya, Aijarang Wattiheluw, Ahmad Namakulle, Rakib Sahubawa, Latif Ohorella, dan Johosua Ronald Hetharia. Berdasarkan hasil seleksi yang dikeluarkan Pansel.

 

Seluruh tahapan seleksi menempatkan nama, Kepala Bapplitbangda Rakib Sahubawa, dan Kepala Inspektorat, Latif Ohorella pada urutan dua teratas. Kemudian urutan ketiga terbaik yang diraih bergantian oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Johosua Ronald Hetharia, dan Asisten Administrasi Umum Setda Malteng, Aijarang Wattiheluw.

Sementara nama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Negeri dan perlindungan Perempuan dan Anak, Ahmad Namakule yang menempati posisi paling buncit di seluruh tahapan yang diadakan pansel.

Hetharia mengungguli, Wattiheluw pada tahapan uji Kompetensi. Hasil uji kompetensi ini merupakan akumulasi dari tes managerial, tes kompetensi teknis, dan tes kompetensi sosial kultur.

Sementara Wattiheluw mengungguli, Hetharia pada tahap seleksi wawancara akhir yang meliputi pendalaman terhadap calon yang mencakup peminatan, motivasi, perilaku dan karakter. (MYX)