Jalan Kaki 5 Kilometer “Untuk” Palestina – Ambon Ekspres
Berita Utama

Jalan Kaki 5 Kilometer “Untuk” Palestina

Ratusan pemuda menggalang dana untuk warga Palestina. Aksi dilakukan di perempatan mesjid Al-Fatah, Ambon.-Nelson-

Ambon, ameksOnline.- Ratusan pemuda Kota Ambon, Provinsi Maluku, memilih berjalan kaki sepanjang 5 kilometer. Aksi dilakukan demi menggalang dana masyarakat  bagi Palestina. Ini bukan aksi pertama. Berulangkali aksi yang sama dilakukan.

Aksi dilakukan Sabtu (16/2) pagi. Kegiatan  nama “Seruan Aksi Bela Palestina”. Bela dengan menggalang dana ini dmembantu dan mendukung warga Palestina yang  menjadi korban penyerangan tentara Israel.

Jalan kaki dilakukan  sambil berorasi dan menggalang dana. Aksi dimulai dari titik kumpul Masjid Alfurqan, Negeri Batu Merah, menuju Masjid Raya Alfatah, Jalan Baru, Kota Ambon. Aksi dilakukan sejak pukul 09.00 WIT hingga berakhir pukul 12.30 WIT.

Sejumlah ruas jalan di Kota Ambon  dilalui.  Kurang lebih 5 kilometer, dari jalan Jenderal Sudirman, Sultan Hassanudin, Pasar Batu Merah, Pasar Mardika, Pantai Losari, Sam Ratulangi, Yos Sudarso, AY Patty, AM Sangadji dan Jalan Sultan Babulah.

Sasaran penggalangan dana secara sukarela itu diambil baik dari pedagang, pembeli, tukang ojek, pengemudi mobil, sepeda motor, pejalan kaki maupun warga yang sedang beristirahat di rumah makan maupun di kedai kopi.

Ratusan pemuda yang tergabung bersama tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) ini berasal dari sekelompok anak-anak sekolah, mahasiswa, dan beberapa organisasi kepemudaan.

“Hari ini kami terus bergerak untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita di Palestina,” kata Koordinator Aksi MRI Ambon, Muhammad Samsudin Mahu kepada pers di depan masjid raya Alfatah Ambon.

Samsudin mengaku, aksi yang dilakukan secara sukarela tersebut dilandasi rasa keterpanggilan atas nama kemanusian maupun sesama umat muslim.

“Kami sebagai bangsa Indonesia tidak pernah putus asa untuk terus memberikan dukungan kepada Palestina,” ujarnya. Palestina adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia setelah dicetuskan Presiden Soekarno.

Menurutnya, dari hasil penggalangan dana hari ini, uang yang terkumpul akan langsung di transfer kepada MRI Pusat atau ACT. “Nanti dari pusat yang akan langsung kirim bantuan ke Palestina,” jelasnya.

Menurutnya, selain bantuan  uang, MRI juga menerima bantuan pakaian maupun obat-obatan. “Bahkan di Tahun ini MRI memberikan beberapa bahan minyak untuk membantu listrik di Palestina,” terangnya.

Samsudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kota Ambon yang sudi menerima pihaknya dan secara sukarela memberikan bantuan hari ini.

“Semoga bantuan yang diberikan warga hari ini dibalas oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” harapnya. (NEL)

Most Popular

To Top