Ditengah Seleksi, AMJ KPUD Maluku Berakhir – Ambon Ekspres
Berita Utama

Ditengah Seleksi, AMJ KPUD Maluku Berakhir

Amir Kotarumalos

Ambon, ameksOnline.- Tim seleksi komisioner KPUD Maluku, menargetkan menyelesaikan kerja pada tanggal 16 Maret mendatang. Mereka hanya memiliki sisa waktu kurang dari sebulan. Tim optimis target waktu itu bisa dicapai sebelum akhir masa jabatan komisioner KPUD lama.

Komisioner KPUD Maluku yang lama akan menyelesaikan masa jabatannya pada tanggal 11 Maret atau lima hari, dari target waktu penyelesaian seleksi timsel. Kevakuman bisa terjadi, bila KPU pusat tidak secepatnya mengisi kekosongan tersebut.

Meski demikian, Ketua timsel komisioner KPUD Maluku, Amir Kotarumalos optimis dapat menyelesaikan seleksi sebelum AMJ komisioner KPUD selesai. “Kita berusaha selesai dibawah tanggal 16 Maret, masa kerja kita,” ungkap Amir kepada ameksOnline, siang tadi.

Strategi timsel, kata dia, mengurangi waktu kosong untuk setiap tahapan, agar target waktu penyelesaian kerja bisa dicapai. “Waktu kita kurang dari satu bulan. Nah, kita efesiensi waktunya. Dengan langkah ini, saya optimis timsel selesai kerja sebelum AMJ komisioner KPUD,” tandas dia.

Menurut dia, bila seleksi menghabiskan waktu diatas tanggal 11 Maret, tentu ada langkah-langkah strategis yang diambil KPU Pusat. “Kalau pun itu terjadi, tentu KPU Pusat mengisi kevakuman itu. Saya tidak tahu modelnya seperti apa, itu kewenangan KPU,” kata dia.

Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely yang dihubungi siang tadi, menolak berkomentar terkait kemungkinan terjadinya kevakuman akibat selesai masa jabatan komisioner KPUD Maluku yang lama.

“Maaf itu bukan tupoksi kami, untuk mengomentarinya. Kami juga tidak bisa berandai-andai soal kemungkinan terjadi kevakuman. Itu bukan wilayah kami. Sampai saat ini semua tahapan pemilu yang kami jalankan dalam koridor regulasi,” ungkap dia kepada ameksOnline siang tadi.

Mengenai progress seleksi, Amir mengungkapkan sampai siang tadi masih dalam proses pendaftaran calon komisioner KPUD. Pendaftaran akan berlangsung hingga 22 Maret mendatang. “Kita punya waktu memang agak terbatas,” kata dia.

Pelaksanaan seleksi ulang merujuk pada pasal 21 ayat 11 Peraturan KPU tentang seleksi calon anggota KPU provinsi, kabupaten dan kota. Isinya, dalam hal jumlah anggota KPU Provinsi yang memenuhi nilai ambang batas untuk tes tertulis tidak mencapai dua kali yang dibutuhkan, timsel membuka kembali pendaftaran calon KPU provinsi, kabupaten dan kota.

Dalam bekerja timsel juga diberikan beberapa hal dalam tahapan oleh KPU Pusat, diantaranya calon yang dalam seleksi sebelumnya dinyatakan masuk lima besar, La Alwi yang memproleh nilai 65,03, Hanafi Renwarin 63,20, Engelbertus Dumatubun 62,16, Almudatsir Sangadji 61,24, dan Syamsul Rifan Kubangun 60,32 tidak perlu lagi mengikuti seleksi administrasi dan test tertulis.

Sementara 22 peserta lainnya yang sebelumnya tidak memenuhi ambang batas, wajib mengikuti test tertulis bersama peserta baru yang lolos seleksi administrasi  nantinya. “Sifatnya hanya kelanjutan dan pengulangan. Kami sebut demikian, karena ada yang diulang, da nada yang dilanjutkan,” kata Amir.(yan)

 

 

Most Popular

To Top