Mahasiswa Gelar Aksi Demo Boikot Pemilu 2019 – Ambon Ekspres
Berita Utama

Mahasiswa Gelar Aksi Demo Boikot Pemilu 2019

Ambon, ameksOnline.- Puluhan mahasiswa Papua dan Maluku yang tergabung dalam Komite Boikot Pemilu 2019 (KBP), menggelar aksi demo di Tugu Patung Leimena, Jalan M. Putuhena, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Senin (18/2/2019) pukul 09.40 Wit.

Aksi damai yang dikoordinir oleh Client alias Passo ini, terkait dengan ajakan Golput pada pemilu 2019, dan lawan militerisme, serta bangun partai alternatif.

Pendemo mengusung spanduk, bertuliskan “Golput Pemilu 2019 dan Lawan Militerisme, bangun partai alternatif”. Sedangkan 3 pamflet bertuliskan “Tutup PT. Freeport, tuntaskan pelanggaran HAM di Papua, Tolak masuknya militer dalam parlemen dan
Jokowi-JK adalah antek-antek kapitalis”.

Dalam aksinya, pendemo mengajak agar rakyat tidak memilih partai dan calon-calon Legislatif yang korup dan menipu rakyat, karena mereka berada dalam barisan dengan para pelanggar HAM.

Mahasiswa juga meminta para calon untuk memiliki kebebasan berpikir berkumpul berkeyakinan dan berpendapat yang tidak memecah belah rakyat, dengan memainkan sistem agama yang tidak rasis.

Selain itu, dalam konteks Pilpres 2019. Para pendemo menyatakan, adanya borjuis dengan kekuatan modal yang besar, serta militer dan sosial orde baru yang terlibat dalam tim pemenangan baik di Kubu Jokowi maupun Prabowo.

“Keterlibatan militer dan sisa Orde Baru di kedua Kubu cukup menunjukkan bahwa siapapun yang terpilih nanti tidak akan ada yang serius menghadang militer dalam berpolitik,”ungkap mereka

Pendemo juga menyatakan Golput adalah suatu pilihan yang masuk akal, dan menjadi sikap dalam Pemilu.

Alasan untuk Golput kata mereka, karena tidak ingin menjadi salah satu pendukung masuknya militer dalam kehidupan sipil.

Persoalan rakyat kata mereka, hanya akan selesai bila rakyat sendiri yang berkumpul, bergerak membangun kekuatan politik alternatif, untuk menciptakan jalan keluar bagi permasalahan rakyat.

“Kami Komite Boikot Pemilu 2019 yang tergabung dengan organisasi pusat perjuangan mahasiswa untuk pembebahasan nasional dan aliansi mahasiswa Papua menyerukan Golput dalam pemilu 2019, Lawan Militerisme, Bangun kekuatan Politik Alternatif, Tarik TNI/Polri dari seluruh tanah Papua, Stop Perampasan tanah petani dan Sahkan RUU pelecehan anti seksual”pungkas mereka,” teriak mereka.

Aksi berakhir pukul 10.50 Wit, dalam keadaan aman. (NEL/UPI$

Most Popular

To Top