Diduga Korupsi Pemilik Koperasi Usaha Tekad Ditahan

by

Ambon, ameksOnline.- Penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Negari (Kejari) Ambon akhirnya menahan pemilik Koperasi usaha tekad, Paulus Untayana alias Paulus di rumah tahanan (Rutan) Klas II A Ambon.

Penahanan dilakukan setelah, Paulus Untayana ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana bantuan koperasi dari kementrian koperasi tahun 2010 sebesar Rp 1,5 miliar.

Kasi Intel Kejari Ambon, Sunoto kepada Ameks Online pagi tadi, membenarkan penahanan itu. “Benar telah dilakukan penahanan terhadap Ketua Koperasi usaha tekad, Paulus Untayana di Rutan,” kata Sunoto.

Ia menuturkan, awalnya Ketua Koperasi usaha tekad, Paulus Untayana mengajukan proposal ke kementrian Koperasi untuk modal usaha koperasi yang dipimpinnya itu pada tahun 2010.

Dalam proposal yang diajukan ke kementrian koperasi tersebut, tersangka meminta bantuan dana sebesar Rp 5 miliar. Namun yang direalisasikan kementrian senilai Rp 1,5 miliar.

  • “Jadi awalnya tersangka mengajukan proposal ke kementrian Koperasi untuk meminta bantuan dana sebesar Rp 5 miliar. Namun yang direalisasikan hanya Rp 1,5 miliar oleh kementrian Koperasi,” terangnya.

Dana yang bersumber dari APBN tersebut, harusnya dibagikan ke usaha menengah kecil (UMK) dan setiap tahun harus disetor ke kementrian. Sayangnya hingga 2019 tersangka tidak mengembalikan dana tersebut, karena dana itu dibagikan kepada perorangan bukan UMK.

Akibat perbuatan terdakwa negara dirugikan mencapai Rp 1,5 miliar. (NEL)