MS Bakal Tersangka, KPK Belum Temukan Aset La Masikamba

by

Ambon, ameksOnline.-Kasus suap pajak pada KPP Pratama Ambon tak hanya menyeret La Masikamba, Sukimin Ratmin dan Anthony Liando, namun Muhammad Said bakal jadi tersangka tergantung fakta yang terungkap di persidangan.

Jaksa KPK, Feby Dwiyandospendy yang dikonfirmasi ameksOnline di PN Ambon mengatakan, mengenai proses hukum terhadap Muhammad Said dalam kasus OTT ini masih sebatas saksi.

” Jadi, sesuai dengan pantauan jaksa KPK Muhammad Said masih sebatas saksi. Namun untuk mengalihkan status dari saksi ke tersangka tergantung fakta-fakta yang terungkap di persidangan nanti,” kata Feby.

Dia membeberkan, Muhammad Said merupakan saksi kunci dalam kasus suap pajak yang menjerat tiga terdakwa yakni, Anthony Liando, La Masikamba dan Sukimin Ratmin sehingga wajib hukumnya memberikan kesaksian di persidangan.

Sebelumnya dalam kasus ini, tanggal 10 Agustus 2016, terdakwa Anthony Liando memberikan uang sejumlah Rp 550 juta ke nomor rekening mandiri nomor 1520015265693 atas nama Muhammad Said.

Menurutnya tindak lanjut kasus suap pajak terhadap saksi Muhammad Said ada pada lembaga KPK. Selain itu, kata dia, mengenai aset La Masikamba terhadap penerimaan gratifikasi Rp 7.881.950.000.

Atas penerimaan uang tersebut, terdakwa La Masikamba tidak melaporkannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi dalam tenggang waktu 30 hari sebagaimana ditentukan undang-undang, padahal penerimaan itu tanpa alas hak yang sah menurut hukum.

“Untuk saat ini dari hasil pantauan KPK aset milik La Masikamba hingga saat ini belum ditemukan. Meski demikian, KPK akan terus melakukan pemeriksaan dan pantauan terhadap dugaan aset yang dimiliki La Masikamba,” pungkasnya. (AKS)