Cara Warga Tolak Radikalisme

by

Ambon, ameksOnline.- Antusias warga menciptakan suasana hidup yang aman, kondusif dan  jauh dari Radikalisme terus ditingkatkan. Jelang pemilu ujaran kebencian, radikalisme hingga pada berita-beruta yang menyesatkan atau Hoax, dilawan.

Ada pola baru yang dipakai untuk melawan radikalisme. Menariknya ini dilakukan warga. Rabu (27/3) malam sekira pukul 21.00 wit di Kompleks Perumahan THR 2 RT 004 RW 16 Ahuru, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, dil Nonton Bareng Film Bertemakan Perjuangan Merebut NKRI dari tangan Penjajah, diselipkan film Bertemakan Deradikalisasi.

Penanggung jawab dalam kegiatan tersebut adalah, Ketua RT 02/RW 16, Hasbullah Asell. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Pusat Komite Independen Regional Pemuda Maluku (DPP-KIRPM) yang bertujuan untuk membangun rasa cinta Tanah Air dan pencegahan masyarakat terhadap bahaya Radikalisme.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil Kecamatan Sirimau, Mayor inf Ibrahim Amin, Babinsa Dusun Ahuru, Serda Hamid Rumakat, Babinkamtibmas Desa Batu Merah, Brigpol Abu Hehanussa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta Warga Kompleks Perumahan setempat yang kurang lebih berjumlah 100 orang.

Ketua RT 004 RW 16 Ahuru, Hasbullah Asell mengatakan, mereka akan diperhadapkan dengan Gawe pemilu. Karena itu, semua orang  akan banyak disibukkan dengan hoax dan ujaran kebencian. Maka, sebagai warga yang cinta damai, hindari hal tersebut, dengan cara berpikir yang positif.

“Kalo (Kalau) kita ikut arus, kita akan terpecah belah. Dengan momentum menonton film perjuangan, kami ingin memberikan pesan kepada bapak bapak dan ibu ibu tentang  nilai kepahlawanan. Dan kita harus mendukung semua program pemerintah, kami ingin menyatakan kami punya 1 niat yang baik, untuk mendukung setiap program pemerintah,” ujar dia.

Danramil Sirimau, Ibrahim Amin, mengapresiasi kegiatan ini, sebagai wujud menghargai jasa pahlawan. Dia mengajak masyarakat  mendukung program program pemerintah. “bapak ibu kita harus pintar membaca situasi sekarang. Banyak hal, yang dapat memecah belah bangsa ini di antaranya, berita hoax dan ujaran kebencian. Mati kita  mengarahkan anak anak kita untuk belajar,” kata dia.

Dhakan Lestaluhu Tokoh masyarakat, mengajak  masyarakat THR 2 menghargai nilai-nilai kepahlawanan dan dapat menggunakan hak pilih di Pemilu 2019 dengan baik.

Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran 2 (dua) film yang bertemakan perjuangan merebut NKRI dari tangan penjajah dan Film yang bertemakan Deradikalisasi, masing masing film berdurasi 1 jam 45 menit.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun rasa cinta Tanah Air dan pencegahan masyarakat terhadap bahaya Radikalisme di kalangan Masyarakat khususnya warga Rt 02/16 Kompleks TH2 Ahuru Ambon,” tutup dia. (NEL)