Calon Komisioner KPUD Masih Jalani Test Kesehatan

by
Tujuh calon komosioner KPUD Maluku sedang melaksanakan test MMPI hingga sore ini. -ist-

Ambon, ameksOnline.- Tujuh calon komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah Maluku, hingga pukul 15.10  WIT sore ini masih menjalani test kesehatan. Pemeriksaan kesehatan berdasarkan petunjuk teknis 379 tahun 2019 tentang seleksi anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten dan Kota.

Ada tiga hal yang diperiksa tim kesehatan berdasarkan juknis, jasmani, rohani, dan Narkoba. Pemeriksaan akan dilakukan mulai hari ini hingga 11 Maret mendatang. Pemeriksaan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Haulussy Kudamati.

Pemeriksaan yang dilakukan tim kesehatan dari RSUD Haulussy, adalah darah, narkoba, fisik, jantung, mata, rontgen, dan telinga hidung dan tenggorokan. Untuk test rohani ada sekitar 350 pertanyaan yang harus diisi.

Setelah pengisian, akan dilanjutkan dengan wawancara yang dilakukan dokter ahli jiwa. Wawancara ini terkait dengan apa yang dijawab para calon dari 350 pertanyaan yang diajukan.

Sampai pukul 15.10 tujuh calon anggota komisioner masih menjalankan test Minnesota Multiphasic Personality Inventory atau MMPI.   Test ini berdasarkan Wikipedia, adalah test psikometri yang digunakan untuk mengukur psikopatologi orang dewasa. Tujuan dari test ini, memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat.

Anggota timsel Stevin Melay yang dihubungi ameksOnline terkait pelaksanaan test ini, mengatakan test MMPI masih berjalan. Ada tujuh calon yang ikut test ini. “Jadi semua sudah bergabung. Empat yang lolos phisiko test, dan tiga orang yang sebelumnya sudah lolos test phisiko test,” kata dia.

Tujuh orang itu, masing-masing Almudatsir Sangadji, Syamsul Rifan Kubangun, La Alwi, Hanafi Renwarin, Romi Imelda Rumambi, Khalil Tianotak, dan E Dumatubun. “Masih dilakukan test MMPI,” kata Stevin. (yan)