Tipu Nasabah, Pegawai Lapas Tual Diamankan – Ambon Ekspres
Berita Utama

Tipu Nasabah, Pegawai Lapas Tual Diamankan

Ambon, ameksOnline.- Penipuan berkedok pegawai Bank muncul di Ambon. Mereka bereaksi langsung di  ruangan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Kedoknya ATM sedang mengalami gangguan, saat nasabah melakukan transaksi.

Aksi ini terjadi ATM BNI depan Telkom Talake Kecamatan, Nusaniwe Kota Ambon. Pelakunya bernama Ricky Tomasoa (30) . Dia Pegawai Lapas Kelas IIB Tual. Ricky berhasil  ditangkap Polisi, akibat berencana melakukan pembobolan ATM.

Aksinya dilakukan sekitar pukul 10.00 Wit pagi tadi. Informasi yang diperoleh Ameks Online bahwa, Marlena Jolanda Sohilait (29) kepada polisi mengungkapkan, awalnya saksi masuk ke dalam mesin ATM dan langsung memasukan kartu ATM nya. Pelaku  masuk dan menghampiri saksi. Pelaku berlagak petugas,  sambil mengatakan bahwa sistim lagi gangguan.

Ricky menyuruh saksi untuk mengecek saldo.  ” Kalau Saldo Ada, Berarti Bisa Transaksi, Kalau Saldo Seng Ada Berarti Sistim Ada Gangguan,” kata pelaku kepada saksi.

Saksi pun ikut saran pelaku. Dia mengecek,  ternyata ATM mengalami gangguan atau tidak bisa mengecek Saldo. Saksi keluar ingin mencari ATM BNI yang lain. Namun, pelaku menghalanginya dan memanggil saksi kalau ATM sudah kembali berfungsi.

Saksi pun kembali dan melanjutkan transaksi dengan mengeluarkan uang sebanyak Rp. 400.000. Setelah selesai melakukan transaksi, saksi kelauar dan menuju ke dalam Telkom. Saksi dicegat salah satu Satpam. Satpam menanyakan, siapa yang berada di ATM.

Satpam pun langsung memberitahukan kalau di ATM bukan petugas.  Mendengar hal tersebut, saksi langsung menyuruh Satpam untuk menangkapnya.  Satpam berhasil menangkap pelaku dan membawanya ke Pos Satgas TNI di depan Waringin.

Bhabinkamtibmas Wainitu datang dan melakukan penggeladahan. Mereka menemukan 3 buah ATM yang di simpan di dalam Celana dalam pelaku.

Setelah di konfirmasi dengan pihak Bank, ternyata benar telah terjadi penarikan uang sebesar Rp 4.000.000 dari rekening miliknya. Sekira Pukul 12.30 Wit, personil Buser Polres P. Ambon dan PP. Lease tiba di TKP dan langsung mengamankan pelaku menuju Polres Ambon untuk dilakukan Pemeriksaan lanjutan.

“Saya belum tau informasi itu. Nanti saya cek dulu,” ujar Kasubbag Humas Polres P Ambon dan Pp Lease, Ipda Julkisno Kaisupy kepada Ameks Online via Whatshapnya, sore tadi.

Sebelumnya  Ivone Siska Noya (38) yang mengaku , pada tanggal 21 Januari 2019 sekitar pukul 12.00 Wit, di PT Telkom talake tepatnya di dalam ruangan mesin ATM Bank BNI, dia  pernah menjadi korban pelaku.

Awalnya ia menuju lokasi ATM yang berada di depan PT. Telkomsel Ambon. Tiba di ATM, ada gangguan. Tiba tiba datang pelaku dan mengaku sebagai petugas penanganan kerusakan ATM. Pelaku  berpura pura menelepon pimpinannya, sehingga korban yakin dengan perkataan pelaku.

Pelaku  meminta kartu ATM milik korban dan memasukannya kedalam mesin ATM. Dia juga  meminta korban untuk memasukan nomor PIN. Setelah  mengetahui PIN korban, pelaku kemudian meninggalkan korban. Berselang beberapa menit pelapor menuju Bank BNI Ambon karena adanya transaksi pengambilan uang.(NEL)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top