Evakuasi 5 WNA Ditengah Gelombang

by

Ambon, ameksOnline.- Evakuasi lima warga negara asing di Laut Banda berhasil dilakukan Badan SAR Nasional. Mereka ditemukan di Selatan Pulau Ambon. Evakuasi dilakukan di tengah gelombang. Mereka berhasil diselamatkan KM Abimanyu milik SAR Ambon.

Kelima WNA itu adalah, Jean Claude Philipe asal Belanda, Marinda Edison asal Philipina, Mohammad Hasan asal Qatar, Edwin Josse Bislik asal Qatar, dan Antoni Albert Aubrey dari Republic of Seychelles.

Basarnas juga berhasil menyelamat satu pemandu wisata atasnama Andi Nasir Hamadin, dan delapan ABK di kapal itu, KN Marsia, Sadi Rudin, Andi Dasri, Fritwan Kekenusa, Sulaiman Amir, Shaq Harfandy, Abdul Ghani, Muhammad Sating, dan Junaidi.

Evakuasi yang dilakukan KM Abimanyu dengan bantuan Life Craft atau sejenis perahu kecil milik KN Marsia. Mereka bertahan lebih dari empat jam di Life Craft. Life craft di Tarik mendekati KM Abimanyu dengan menggunakan tali. Setelah itu, semua penumpang KN Marsia dievakuasi menggunakan KM Abimanyu ke Pelabuhan Yos Soedarso, Kota Ambon.

Kepala Basarnas Ambon Muslim yang dihubungi  wartawan, memastikan semua penumpang kapal selamat. Setelah dilakukan pengecekan kesehatan, bila ada yang mengalami sakit, dirujuk ke rumah sakit.

Kapal ini dilaporkan mati mesin oleh Pegawai Syahbandar Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Hamok, Kamis (14/3) sekira pukul 07.15 Wit. Kapal ini bertolak dari Pelabuhan Tulehu menuju Pulau Banda, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (13/3).(upi)