GMKI Demo Tuntut Sopi Dilegalkan

by

Ambon, ameksOnline.- Disaat pihak Kepolisian terus berupaya melakukan razia terhadap minuman alkohol jenis sopi. Justeru banyak  yang resah. Mereka meneriakan sopi  adalah minuman khas budaya orang Maluku yang harus dilestarikan. Sopi harus dilegalkan.

Sikap ini ditunjukan Gerakan Mahasiswa Kristen Infonesia (GMKI) yang menggelar aksi demo di lingkungan DPRD Provinsi Maluku. Aksi yang dilakukan kurang lebih 50 orang ini, menuntut DPRD setempat mengesahkan perdagangan Sopi.

Para pendemo membawakan pamflet aksi yang bertuliskan, Regulasi Hidup Rakyat, Legalkan Sopi, Stop sumpah Sopi, Sopi Go To International. Aksi ini mengkritik hidup masyarakat Maluku, yang hidupnya sejatra akibat Sopi.

Banyak masyarakat yang hidup dengan Sopi. Banyak sarjana yang hidup dengan Sopi. “Sopi bukan perusak generasi. Sopi pembuat generasi, akibat dari perilaku oknoum tertentu,”teriak salah satu orator aksi dalam, aksi siang itu.

Mereka meminta, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk menghargai warisan budaya Maluku ini dan mengenalkan kepada dunia luar bahwa Maluku punya minuman tradisional.

“GMKI cabang Ambon mengharapkan DPRD Periodisasi ini, untuk segera hubungi membahwakan persoalan ini. Serta melegalkan minuman tradisional Maluku,” pinta mereka.

Pemerintah Daerah juga harus segar melakukan ke.bahasan terkait aturan kadar alkohol. Sopi harus diawasi, dan harus dilegalkan. “DPRD Harus proaktif. Harus kita lestarikan budaya Maluku,” tandas pendemo. (NEL)