KPU RI: Semua Calon Komisioner Punya Kemampuan – Ambon Ekspres
Berita Utama

KPU RI: Semua Calon Komisioner Punya Kemampuan

Calon komosioner KPUD Maluku yang ikut fit and proper Test. -Tajudin Buano-

Ambon, ameksOnline.-KPU Republik Indonesia telah selesai menguji kelayakan dan kepatutan tujuh calon anggota KPU Maluku periode 2019-2014. Hasilnya akan diplenokan dan komisioner terpilih segera dilantik.

Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dilakukan oleh dua komisoner KPU RI, yakni Wahyu Setiawan dan Viryan di lantai 6 Hotel Santika, Selasa (19/3). Tahapan terakhir ini cukup cepat. Dimulai dari pukul 16.00-18.30 WIT.

La Alwi, adalah calon atau peserta pertama yang diuji. Disusul Abdul Khalil Tianotak, Hanafi Renwarin, Romi Imelda Rumambi, Syamsul Rifan Kubangun, Engerbertus Dumatubun dan Almudatsir Sangadji.

Lama waktu pengujian masing-masing calon memiliki mulai dari 15-30 menit. Bahkan, beberapa peserta seperti Rifan Kubangun, Romi Rumambi dan Engerbertus Dumatubun hanya sekira 15 menit.

KPU RI telah merampungkan dokumen uji kelayakan dan kepatutan dalam bentuk catatan, rekaman, dan video. Hari ini, mereka kembali Jakarta untuk selanjutnya memplenokan hasilnya.

“Kami berdua ditugaskan oleh rapat pleno, maka nanti kita laporkan ke pleno hasilnya. Kami   upayakan pleno segera dilakukan,”ujar Wahyu kepada wartawan usai uji kelakayakan dan kepatutan.

Wahyu juga belum memastikan jadwal pelantikan. Cepat atau lambatnya pelantikan bergantung penetapan hasil lewat pleno nanti.

“Yang pasti  kita pulang, kita laporkan ke pleno. Jika kemudian pleno segera mengambil keputusnanya, ya dimungkinkan tanggal 22 seperti yang di media itu (Ambon Ekspres),”mantan komisioner KPU Jawa Tengah itu.

Percepatan pelantikan merupakan kebutuhan untuk pelaksanan pemilu yang lancar. Apalagi, KPU Maluku telah kekosongan komisioner sejak 11 Maret lalu.

Selain itu, calon anggota KPU 11 kabupaten/kota juga belum uji kelayakan dan kepatutan. KPU RI melimpahkan kewengan ini kepada KPU Maluku terpilih nanti.

“Makanya kita berpikir mereka (komisioner KPU Maluku)segera dilantik dan mereka segera melakukan fit and proper test untuk kabupaten/kota. Karena tidak mungkin KPU RI yang melakukan. Kita punya banyak pekerjaan,”tandasnya.

Dia juga memastikan sisa tahapan menuju pemungutan dan penghitungan suara 17 April hingga penetapan suara calon anggota legislatif dan calon presiden akan berjalan lancar. Pasalnya, tujuh calon komisioner ini memiliki kemampuan.

“Tujuh calon ini adalah mantan anggota KPU provinsi, dan anggota KPU kabupaten/kota aktif. Mereka punya kemampuan da kapasitas. Jadi, saya yakin tahapan akan berjalan lancar,”pungkasnya. (TAB)

Most Popular

To Top