Polda Gelar FGD Diteksi Kerawanan – Ambon Ekspres
Hukum&Kriminal

Polda Gelar FGD Diteksi Kerawanan

Pelaksanaan FGD oleh Polda Maluku, Rabu (20/3).-Ars Hehanussa-

Ambon, ameksOnline,- Guna mencegah penyebaran paham radikalisme dan teroris ditengah-tengah masyarakat, terutama jelang Pemilihan Legislatif (Pileg), dan Pilpres yang berlangsung 17 April mendatang,  Direktorat Binmas Polda Maluku, menggelar Focus Grouf Discussion (FGD).

Kegiatan tersebut melibatkan berbagai kalangan, baik pemerintah, tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh adat se-pulau Ambon.

Direktur Binmas Polda Maluku, Kombes Gunawan Priambodo menjelaskan, dialog bertujuan untuk mengetahui potensi konflik dan gangguan keamanan di Maluku, khususnya pulau Ambon.

“Terutama terkait isu agama dan hal-hal lain, di masyarakat yang berpotensi menimbulkan tindakan-tindakan yang bersifat anarkis dan radikal untuk tetap menjaga keutuhan NKRI,”kata Gunawan kepada wartawan usai membuka kegiatan tersebut, Rabu (20/3).

Menurut dia, salah satu tantangan bagi keutuhan bangsa saat ini adalah terorisme. Terorisme lanjut pria dengan tiga melati dipundaknya ini, tidak hanya menimbulkan kerugian material dan nyawa serta menciptakan rasa takut dimasyarakat, tetapi terorisme juga telah mengoyak keutuhan berbangsa dan bernegara.

“Terorisme telah membuat kita saling curiga dan saling memusuhi. Terorismepun telah mencabik ikatan persudaraan dan nilai-nilai toleransi yang telah menjadi kultur budaya bangsa ini,”tuturnya.

Ditambahkan, perlu dipahami bersama jika ancaman terorisme bukan hanya terletak pada aspek serangan fisik yang mengerikan, tetapi justru serangan propaganda yang secara masif menyasar pola pikir dan pandangan masyarakat yang lebih berbahaya.

” Salah satu kelompok teroris yang sangat meresahkan akhir-akhir ini adalah kelompok yang mengatasnamakan ISIS. Kelompok radikal terorisme baru ini semakin meresahkan. Pengaruh propaganda dan agitasi yang bernuansa kekerasan, permusuhan, penghasutan, maupun ajakan untuk bergabung telah banyak menyasar masyarakat terlebih kalangan generasi muda, makanya kegiatan ini terus kita laksanakan,”tandasnya. (PRO).

Most Popular

To Top