Diperintah Sekda, Efendi Cuek – Ambon Ekspres
Hukum

Diperintah Sekda, Efendi Cuek

Marsel Maspaitela

Ambon, ameksOnline.- Penyelesaian pengembalian batas sertifikat 02 secara bersama-sama antara pemerintah provinsi Maluku  dengan keluarga Hatulesila telah disepakati. Namun hingga Jumat (22/3)  realisasi atas kesepakatan itu belum dilakukan.

Kewenangan eksekusi kesepakatan itu, ada pada Kepala Bidang Asset Pemda Provinsi Maluku, Efendi. “Pak Efendi terkesan cuek, “ kata kuasa hukum keluarga Hatulesila, Marsel Maspaitella  kemarin.

Menurut dia, sesuai proses mediasi yang berlangsung pada tanggal 18 Februari 2019, pemerintah daerah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Hamid Bin Taher telah menyepakati bersama pengembalian batas atas sertifikat 02 milik pemda.

” Saya tegaskan kepada kepala bidang Asset Pemda Provinsi Maluku agar secepatnya melakukan pengembalian batas sesuai dengan kesepakatan,  antara keluarga Hatulesila dengan Pemprov  Maluku,” tegas kuasa keluarga Hatulesila, Marsel Maspaitella.

Menurutnya, Kepala Bidang Asset Pemda Provinsi Maluku, Efendi belum menjalankan perintah Sekda. Selain itu, kata dia, keluarga ahli waris telah bertemu Sekda Pemrov Maluku untuk membicarakan waktu pelaksanaan pengembalian batas.

Dalam pertemuannya, Sekda mengatakan sudah memerintahkan kepala bidang asset untuk segara pengembalian batas berdasarkan kesepakatan dalam mediasi tersebut. Perintah itu sudah disampaikan  tiga kali.

Sebelumnya  ahli waris bertemu dengan sekda sebelum berangkat ke Jakarta. Saat bertemu, Sekda berjanji segera melakukan pengembalian batas.

Ironisnya, kata dia, pada saat mediasi kepala bidang asset tetap berkeras, lahan itu milik pemerintah. ” Olehnya itu, saya minta dengan tegas kepada kepala bidang asset pemda agar seyogianya menghormati dan patuh terhadap perintah pak sekda provinsi,”  pungkasnya. (yan)

Most Popular

To Top