Pemicu Bentrok OSM Ditangkap – Ambon Ekspres
Berita Utama

Pemicu Bentrok OSM Ditangkap

Ambon, ameksOnline.- Aprino Manduapessy, pemuda yang diduga pemicu bentrokan di Kudamati hingga OSM, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon berhasil diringkus polisi. Dia diduga menjadi pengobar bentrokan sebelumnya pada 21 Maret.

Penangkapan terhadap pelaku dilakukan usai bentrokan susulan pada Jumat (22/3) subuh pukul 05.00 Wit. Anggota Babinsa juga menangkap dua pemuda, Juan Patipelohy dan Diego Rumblus. Mereka ditangkap di lokasi perbatasan RT 004/06  dan RT 003/06.

Penangkapan ini memicu perlawanan warga. Kelompok pemuda yang sementara berkumpul di depan gereja, pada Sabtu (23/3) dini hari, memadamkan lampu jalan. Di dalam lorong sudah disiapkan batu. Batu bahkan disiapkan dalam drum yang terletak di depan pagar gereja.

Polisi yang berusaha membubarkan massa, terlibat adu mulut. Pertengkaran terjadi, massa menolak mundur. Kondisi terus memanas. Mereka tetap saja menolak beranjak dari halaman gereja, dengan alasan sementara menjaga Gereja.

Pukul 03.30 Wit  anggota sangat BKO Yonif 731/kabaresi tiba di TKP dan membubarkan kelompok pemuda tersebut. Situasi aman dan terkendali.  Sementara Aprino Manduapessy dan dua pemuda lainnya digelandang ke Mapolsek Nusaniwe di Latuhalat.

Informasi yang diterima ameksOnline, ada keterlibatan dua oknum polisi yang ikut memanas situasi. Dua oknum polisi itu masing-masing HT dan RA. Mereka teridentifikasi berada diantara kelompok massa yang berusaha menghalangi polisi menangkap pelaku bentrokan.

Selain itu, Ketua RT 003/06 Asmil OSM purn Ruben  juga sempat adu mulut saat penangkapan dilakukan. Dia justeru membiarkan kelompok pemuda menyiapkan batu-batu untuk melakukan penyerangan ke kelompok lainnya.

Kondisi baru bisa redah, setelah anggota sangas BKO Yonif 731/kabaresi tiba di TKP dan membubarkan pok pemuda tersebut. Aksi serang bertempat di  depan gereja Imanuel OSM  RT 003/06 Kelurahan, Wainitu kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Kelompok pemuda OSM pantai, menghujani batu dari arah lorong gereja Imanuel ke depan jalan raya  Nn Saar Sopacu. Aksi lemparan batu berakibat fatal dan mengenal pejalan kaki, Ongen Jawar warga OSM kampung Timur.

Sebelumnya, saling serang terjadi  di depan Lorong Gereja Imanuel. Bentrokan terjadi antar  pemuda RT 002/05 dan pemuda lorong Naga kelurahan kudamati, di Jalan Nona Saar Sopacua. Lokasi bentrok  di depan lorong gereja Imanuel OSM RT 003/06 Kelurahan  Wainitu, Kecamatan Nusaniwe,  Ambon.(NEL)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top