3 Parpol Ini Berpeluang di Dapil Buru-Bursel – Ambon Ekspres
Berita Utama

3 Parpol Ini Berpeluang di Dapil Buru-Bursel

Ambon, ameksOnline.- Daerah pemilihan Buru-Buru Selatan punya kuota lima kursi di DPRD Maluku. Pertarungan di dapil ini belum menunjukan dominasi kuat partai politik. Semua calon anggota legislatif terutama parpol besar masih terbuka peluangnya untuk terpilih.

Data yang dimiliki ameksOnline, parpol besar seperti Golkar, PDIP, PKS, PKB, PPP, Demokrat, dan NasDem masih bertarung ketat dibeberapa wilayah di Dapil Buru-Bursel. Lima kursi diperkirakan akan menjadi ‘jatah’ parpol-parpol ini.

Wilayah yang diperkirakan akan terjadi pertarungan ketat dalam mendulang suara, adalah Namlea dan jalur Pantura (Pantai Utara Buru, Kecamatan Namlea, Kecamatan Lilialy, Waplau, Fenaleisela, dan Air Buaya). Wilayah ini menjadi basis Demokrat, PPP, juga PKB.

Tiga parpol ini, kata sumber ameksOnline yang juga periset dalam lembaga survei, punya peluang untuk mendulang suara banyak. “Ini basis PPP, PKB juga Demokrat. Sekarang Golkar lagi menggerus disana. Suara disana membuka peluang bagi PKB, Demokrat, juga PPP,” kata dia.

Di Demokrat ada Bachtiar La Galeb. Dia hingga kini masih menjabat anggota DPRD Maluku dari dapil Buru-Buru selatan. Demikian juga Ikram Umasugi dari PKB yang kini menjadi anggota DPRD Maluku. Sementara Azis Hentihu wakil Ketua DPRD Buru dari PPP.

Meski demikian, dia mengingatkan PKS, PKB, Demokrat, PPP, dan NasDem untuk mengantisipasi pergerakan Golkar yang kian “liar”. Apalagi kemampuan Golkar untuk menggerakan tangan pemerintah melalui Bupati Buru, Ramly Umasugi untuk menguasai wilayah Namlea dan jalur Pantura.

“Yang pasti di Buru-Buru Selatan masih terbuka untuk semua caleg untuk bisa merebut kursi di DPRD Maluku. Belum ada caleg yang mendominasi perolehan suara. Semua bergantung pada strategi mereka dalam mendulang suara,” ungkap dia.

Terkait dengan keterlibatan aparatur pemerintah dalam pileg, Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat atau JPPR Wilayah Maluku, Lutfi Abdullah Wael dalam beberapa kesempatan kepada Ambon Ekspres mengungkapkan soal pentingnya penegasan sanksi buat ASN yang terlibat dalam pemilu.(yan)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top