Polisi “Biarkan” Balapan Liar – Ambon Ekspres
Berita Utama

Polisi “Biarkan” Balapan Liar

Ambon, ameksOnline.- Malam minggu, selalu jadi ajang balapan liar. Banyak rute yang dipakai. Mereka selalu berpindah tempat, ketika diketahui polisi. Namun Sabtu (30/3) malam, tak ada polisi.

Pebalap liar ini memilih waktu yang masih ramai kendaraan bermotor, sekira pukul 22.00 Wit. Jalan Yan Paays, Jalur Dana Kopra, Jalan Pattimura, hingga Batu Meja menjadi arena balapan.

Saat itu lalu lintas masih padat. Namun anak-anak belia ini nekat bertarung secara liar. Tak ada polisi, masyarakat justeru menjadi resah. Aksi ini dinilai mengganggu kenyaman berlalu lintas.

“Sangat mengganggu sekali. Mereka dengan kecepatan tinggi berada dibelakang kami yang berkendaraan dengan kecepatan lambat, otomatis kita menjadi takut,” ungkap Yohanis Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Provinsi Maluku, yang semalam menggunakan sepeda motornya.

Aparat polisi tidak ada di lokasi. Sebaliknya, aksi balapan ini menjadi tontonan ratusan warga. Banyak pengendara sepeda motor terpaksa menghentikan kendaraannya untuk menghindari kecelakaan. “Terpaksa kita berhenti, bukan nonton balapan,” kata Markus yang menghentikan kendaraannya di jalur Jalan Sultan Hairun.

Mereka menyesalkan polisi yang tak ada di jalanan untuk membubarkan aksi balapan liar ini. “Kan mereka tahu, setiap malam minggu, pasti ada balapan liar. Koh ini justeru dibiarkan. Balapan liar ini sudah sangat mengganggu,” ungkap Markus lagi.

Pantauan ameksOnline di lokasi balapan, puluhan kendaraan bermotor kebanyakan  menggunakan kanalpot racing. Rata-rata dari mereka, anak sekolahan. Bahkan ada diantara mereka belum memiliki SIM.

“Ada yang tidak punya SIM,” kata salah satu anak remaja yang ikut bertarung dalam balapan liar. Remaja-remaja ini, rata-rata berusia 15 tahun keatas. (Upi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top