Ikan Langka Terdampar di Poka

by

Ambon, ameksOnline,- Ikan besar yang diidentifikasi jenis Mola-Mola, yang langka, Minggu (31/3) terdampar di kawasan pantai Poka, kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. Ikan ini sudah tak bernyawa lagi.

Sebelumnya ikan jenis ini pernah ditemukan di Pantai Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon beberapa bulan lalu. Kini warga kembali menemukan bangkai ikan itu di perairan kawasan Poka.

Warga Poka dan sekitarnya datang melihat langsung bangkai ikan Mola-Mila ini. Panjangnya diperkirakan mencapai dua meter. Kini ikan tersebut berada di keramba di Kawasan Poka.

Petugas dari BKSDA dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku sempat berada di lokasi penemuan ikan tersebut. Sampai saat ini masih dilakukan penyelidikan terkait penyebab kematian ikan tersebut.

Umar salah satu pemilik keramba, yang pertama menemukan  ikan Mola Mola di Poka. “Saya melihat ada yang terdampar. Saya mendekat, ternyata bangkai ikan Mola-Mola,” kata dia.

Ciri khas ikan Mola Mola, adalah tidak mempunyai sirip ekor, tetapi tetap ada sirip sayap di atas punggung dan bawah perut. Berat ikan ini bisa mencapai 1.000 kilogram. Kecepatan ikan ini berenang sangat lambat yaitu 3,2 kilometer per jam dan diketahui tidak bisa melawan arus.

Ikan ini tergolong langka dan banyak ditemukan di di perairan Indonesia. Di Kota Ambon dua kali ikan ini terdampar dalam keadaan sudah tak bernyawa.(Upi)