Isak Tangis Warnai Pemasangan Tiang Alif – Ambon Ekspres
Daerah

Isak Tangis Warnai Pemasangan Tiang Alif

Tarian Hadrat mengiringi pemasangan tiang Alif Mesjid Sepa, Minggu (31/3).- Ars Hehanussa-

Ambon, ameksOnline,- Setelah sekian tahun direnovasi, masjid raya Al Falah, Desa Sepa, kecamatan Amahai, Maluku Tengah, akhirnya dipasangi tiang alif dan kuba. Isak tangispun pecah saat tiang alif dan kuba, dibawa menuju tempat pemasangan.

Warga terlihat tak kuasa menahan airmata  saat tiang alif dan kuba yang dibawa ribuan warga itu, menuju mesjid raya desa terbesar di pesisir Seram Selatan itu. Tak hanya tangis dan histeris,  warga juga terlihat berdesak-desakan untuk hanya sekedar memegang tiang alif dan kuba tersebut.

“Sampai kita mati pun, momentum ini tidak pernah kami dapati. Jadi biar kami berdesak-desakan bahkan sampai jatuh, bukan masalah. Asalkan kami bisa dzarah tiang alif ini, “kata Tomi Hatalea, salah satu warga Sepa, yang terlihat menangis saat tiang alif itu mulai dipasang, Minggu (31/3).

Menurut dia, momentum pemasangan tiang alif dan kuba, merupakan momentum sangat penting bagi umat Islam khususnya masyarakat Desa Sepa.

Sebelum pemasangan, tiang alif itu dibungkus (baluti), dengan kain putih kemudian diarak mengelilingi desa dengan hadrat. Pemasangan tiang alif dan kuba, desa Sepa, juga turut dihadiri oleh para raja se-pulau Seram. (PRO)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top