Tender Bermasalah, Lesmono Pilih Bungkam – Ambon Ekspres
Berita Utama

Tender Bermasalah, Lesmono Pilih Bungkam

Ambon, ameksOnline.- Tender proyek Air Nanang-Masiwang 2, Seram Bagian Timur masih tetap menyisahkan masalah. Nilai kerugian negara mencapai Rp7 miliar dari total pembiayaan mencapai Rp66 miliar itu. Kerugian ini diperoleh dari tender yang diduga sarat kolusi.

Proyek ini ditenderkan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Pembangunan Jalan Nasional Wilayah XVI Maluku-Maluku Utara. Pagu anggaran proyek Jalan Air Nanang-Masiwang I sebesar Rp65.998.900.134,71. Selain paket I, juga ada paket II dengan nama yang sama. Dua paket ini ditenderkan oleh Pokja Pemilihan 03 ULP Maluku.

Dari data yang ditemukan ameksOnline, ada penyimpangan prosedur saat lelang dilakukan hingga menetapkan PT Cipta Bahagia Utama sebagai pemenang. Hingga, Jumat (29/3) siang, belum diketahui secar resmi siapa pemilik perusahaan ini. Kepala Balai, Christ Lesmono yang dikonfirmasi, menolak memberikan komentar.

Dalam proyek ini, ada delapan perusahaan yang ikut dalam penawaran. PT Bilian Raya ditetapkan sebagai penawar terendah dengan nilai tawar Rp54.419.580.109,54. Sementara PT Cipta Bahagia Utama penawar tertinggi dengan nilai tawar Rp61.353.612.127,29.

Bilian Raya tak pernah ajukan sanggahan. Informasinya, paket ini bagian dari deal antara kontraktor dan pihak Balai. Bilian Raya sudah dijatahi Paket I Air Nanang-Masiwang, karena itu Paket II dilepasnya. “Itu sudah deal sebelum tender dilaksanaan. Istilahnya bagi-bagi lah proyek tersebut,” kata sumber ini, malam tadi.

Penelusuran ameksOnline, PT Cipta Bahagia Utama berlokasi di Jalan Landak Baru Nomor 34, Makassar, Sulawesi Selatan. Informasinya bendera perusahaan ini dipinjam oleh kontraktor lokal di Ambon. “Itu perusahaan pinjaman. Kenapa dipinjam untuk mengelabui publik saja. Karena kontraktor lokal ini juga sudah dapat paket lain juga di Balai,” kata sumber ameksOnline di Balai.

Siapa peminjam PT Cipta Bahagia Utama, dia menolak mengungkapkannya, dengan alasan bukan kewenangannya. “Yang jelas, hanya ada satu pengusaha lokal, bukan seperti yang kalian tulis. Dia juga dapat paket di lokasi lain,” kata sumber ini lagi.

Lesmono yang dikonfirmasi terkait masalah tender yang dimenangkan PT Cipta Bahagia, tetap menolak berkomentar. Konfirmasi yang disampaikan lewat whatsapp tak dibalasnya, meski sudah menjawab pertanyaan dari ameksOnline.(yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top