Kursi DPR Pertama dan Kedua Milik Nasdem-PDIP – Ambon Ekspres
Berita Utama

Kursi DPR Pertama dan Kedua Milik Nasdem-PDIP

Ambon, ameksOnline.- Partai Nasdem dan PDI Perjuanganhampir pasti memperoleh kursi DPR RI pertama dan kedua dari daerah pemilihan Maluku. Tujuh partai politik lainnya bersaing ketat merebut kursi ketiga dan keempat.

Kepastian PDI Perjuangan dan Nasdem memperoleh kursi DPR RI, itu ditemukan lewat hasil survei Parameter Konsultindo Resarch & Consultant yang dirilis pada Sabtu (13/4) malam ini.

Survei ini dilakukan dengan metode Multi Stage Random Sampling dengan 1.200 responden yang tersebar secara merata di 11 Kabupaten/Kota di Maluku.

Instrumen yang digunakan adalah kousioner dengan teknik wawancara. Tingkat kepercayaan 95 persen, dan margin of erro ± 3 persen.

Berdasarkan temuan survei, masyarakat yang belum menentukan sikap/pilihan sebesar 17,20 persen (217,728) dan yang terkoreksi/Swing Voter sebesar 7,01 persen (88,725). Jika diakumulasikan voters yang digarap sebesar 24,21 persen (306,453).

Hasil survei yang dilakukan pada 1-8 April 2019 menunjukkan elektabilitas partai Nasdem 13,91 persen, lebih tinggi dari PDIP Perjuangan yang mendapat 12,35 persen.

Sedangkan kursi ketiga dan keempat berpotensi direbut oleh PKS, Golkar, Hanura, Demokrat, Gerindra, PKB dan PPP. Elektabilitas masing-masing, yakni PKS 8, 60 persen, Golkar 8,34 persen, Hanura 7,36 persen, 7,33 persen, 7,30 persen, PKB 6,18 persen dan PPP 5,51 persen.

Direktur Parameter Konsultindo Maluku, Edison Lapalelo mengatakan, semua parpol masih peluang yang sama, karena beberapa faktor. PPP dan PKS, misalnya, yang sama-sama memiliki making area atau basis yang cukup solid.

Basis PKS ada di Kota Tual, Dobo (Kepulauan Aru) dan Seram Bagian Timur. Sedangkan PPP di Kota Ambon dan kabupate Buru.

“Making Area PPP itu di Kota Ambon dan pemilihnya cukup besar. Emosional making areanya ada di kabupaten Buru. Itu yang jadi potensia masih bergerak mengikuti PKS,”jelas Lapalelo dalam konferensi pers publikasi hasil survei PT. Parameter Konsultindo Research & Consultant di Manise Hotel.

Faktor lainnya adalah pengaruh Parliamentary Threshold atau ambang batas parlemen sebesar 4% secara nasional. Bagi parpol yang masih dibawah 4 persen PT, punya potensi mendapat atau tidak mendapat kursi dari Maluku.

“Meski Nasdem punya elektabilitas 13,91 persen, bukan tidak mungkin bisa kehilangan kursi jika Nasdem secara nasional tidak lolos PT. Yang benar-benar aman hanya PDIP, karena hampir dipastikan 100 persen tidak bisa turun lagi. Golkar, Demokrat dan Gerindra juga mendapat efek PT,”paparnya. (TAB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top