Mirati dan Nono Amankan 2 Kursi DPD

by

Ambon, ameksOnline.-Nono Sampono dan Mirati Dewaningsih diproyeksikan memperoleh kursi DPD RI pertama dan kedua. Hal ini disebabkan, keduanya memiliki elektabilitas tertinggi di Maluku.

Hasil survei Parameter Konsultindo Resarch & Consultant menunjukkan, Nono Sampono memperoleh 5,46 persen, dan Mirati Dewaningsih 5,35 persen. Sedangkan 16 calon DPD lainnya bersaing ketat untuk merebut dua kursi sisa.

Mereka adalah, Ongki Anakoda, Barkah Pattimahu, Zulkarnain Awat Amir, Suhfi Majid, Novita Anakotta, Eddy Sambuaga, Musyafi Rumadan, Anna Latuconsina, Johozua Yoltuwu, Herman Hattu, Lutfi Sanaky, Anthoni Hatane, Bitzael S. Temmar, Hendrik Koedoeboen  dan Evert Kermite.

Perbedaan elektabilitas masing-masing kandidat tak lebih dari 1 persen, atau masih dibawah batas margin of error yang dipakai dalam survei ini sebesar 3 persen.

Survei ini dilakukan pada 1-8 April 2019, dengan metode Multi Stage Random Sampling, dan 1.200 responden yang tersebar secara merata di 11 Kabupaten/Kota di Maluku.

Instrumen yang digunakan adalah kousioner dengan teknik wawancara. Tingkat kepercayaan 95 persen, dan margin of erro ± 3 persen.

Selain elektabiklitas, survei ini menemukan masyarakat atau pemilih yang belum menentukan sikap/pilihan sebesar 9,85 peresen (124,742), Swing Voter sebesar 8,38 persen (106,074). Jika diakumulasikan voters yang digarap sebesar 18,23 persen (230,816)

Menurut Direktur Parameter Konsultindo Maluku, Edison Lapalelo, posisi Nono dan Mirati bisa tertukar. Begitu juga calon lainnya menyalip posisi Nono dan Mirati.

Olehnya itu, calon lain masih memiliki pelung yang sama untuk memperoleh kursi ketiga dan keempat. Hal ini disebabkan, 16 calon lainnya punya basis area masing-masing yang jika digarap dengan maksimal, bisa menyumbang suara maksimal untuk mereka. (TAB)