Jokowi Tumbang di SBB

by

Ambon, ameksOnline.- Petahana Joko Widodo-Ma’ruf Amien tumbang di daerah pemilihan Seram Bagian Barat.   Pasangan ini dikalahkan dengan angka  mutlak oleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kekalahan Jokowi terbilang miris. Pasalnya di daerah ini, Bupati Mohammad Yasin Payapo, adalah Ketua DPD Hanura Maluku. Hanura, salah satu partai pengusung Jokowi-Amien.

Selain Payapo, Wakil Bupati SBB, Yus Akerina, juga dari partai NasDem. Parpol ini, adalah pengusung utama Jokowi-Amien. “Mereka tidak bekerja untuk kemenangan Jokowi. Pa Bupati lebih mengutamakan kerja untuk kemenangan anaknya di SBB,” ungkap salah satu tim pemenangan Jokowi-Amien yang menolak menyebutkan namanya.

Yasin diketahui mendorong anaknya Iqbal Payapo sebagai calon anggota legislatif dari DPRD Maluku. Iqbal masuk dalam daftar Caleg Partai Hanura. “Kami tidak melarang. Tapi jalankan juga tanggungjawab untuk menangkan pasangan Jokowi-Amien,” ungkap politisi ini.

Karena itu, dalam rapat evaluasi tim nantinya, kata dia, mereka akan melaporkan masalah ini. “Paling tidak ada pertanggungjawaban, kenapa kalah. Jangan hanya bisa mengumbar janji sebelum Pilpres, tapi tak pandai kawal janji itu,” kata dia.(yan)