Aru Fc Raih Runner Up Piala Menpora U-21 Zona Maluku

by

Ambon, ameksOnline.- Tim sepakbola PSDKU Aru Fc menjadi runner up pada Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora zona Maluku musim 2019. Ini setelah dibabak final kalah dari Tim Medical Unpatti Fc dengan skor tipis 1-2 (1-0) dalam laga final yang berlangsung di Lapangan Kampus Unpatti, kemarin petang.

Hasil ini memang kurang memuaskan sebab Piala Menpora U-21 musim 2018 lalu, pasukan asal Kabupaten Aru ini berhasil meraih juara dan mewakili Maluku di ranah nasional.

Meski gagal, coach Petra Pratama Ritiauw tetap mengapresiasi mengapresiasi perjuangan anak asuhannya.’’ Kami tetap bersyukur dengan hasil ini sebab Anak-anak (pemain) sudah berusaha maksimal untuk menang, tapi kenyataan tidak sesuai dengan harapan kami,’’ ungkap Pratama.

Menurut Pratama, perjalanan tim PS DKU Aru cukup luar biasa sampai masuk ke babak final. Mereka terlebih mengikuti babak penyisihan grup. Hasilnya, mereka bisa menjadi juara grup.

’’ Target memang lolos fase grup terus sampai semifinal. Ternyata bisa masuk babak final setelah meredam Penjas Unpatti Fc lewat drama adu pinalti yang berakhir 5-4. Jadi hasil cukup baik menurut kami,’’ terang dia.

Lanjut Pratama, Yohanis Elmanutu dan kolega bermain cukup bagus sejak babak penyisihan sampai laga pamungkas. Di zona Maluku, mereka berhasil melewati setiap rintangan dari lawan. Hanya saja saat laga final kemarin, tim PS DKU harus puas ditangga runner up.

’’ Ada beberapa pemain inti yang mengalami cedera, jadi tidak tampil full tim. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi,’’ tutup Pratama dalam rilisnya yang diterima Ambon Ekspres, Kamis (2/4).

Sementara itu, Marseline Pieter, Asisten Pelatih menuturkan, di piala Menpora kemarin membawa 18 pemain. Hampir semua pemain tim PS DKU Aru merupakan pemain lokal asal Aru.’’ Hampir 90 persen pemain asal Aru yang membela tim ini. Jadi kami sangat bangga dengan perjuangan mereka (pemain),’’ ulasnya.

Dikatakan, event seperti ini sangat penting untuk perkembangan sepakbola di Maluku, khususnya sepakbola pada level mahasiswa.’’ Tugas mahasiswa, bukan hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga harus mampu mengembangkan minat dan bakat. Kami berharap kegiatan ini mampu melahirkan pemain sepakbola hebat, bukan hanya di tingkat lokal, tetapi sampai tingkat nasional bahkan Internasional,’’ ucapnya.

Dijelaskan, Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang telah dilaksanakan beberapa kali. Talenta mahasiswa perlu perhatian melalui pembinaan dengan melaksanakan event-event seperti ini.

’’ Mahasiswa merupakan usia emas yang perlu pembinaan. Namun pembinaan olahraga bukan hanya tertuju untuk meraih prestasi, tetapi juga membentuk karakter lewat nilai-nilai luhur olahraga, seperti sportivitas dan kebersamaan,’’ jelasnya.

Pieter menambahkan, Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora ini menjadi salah satu gerbang bagi mahasiswa Indonesia, terlebih di Maluku menjadi atlet terbaik yang mampu mangharumkan nama daerah di kemudian hari.

’’ Ini wadah yang tepat bagi mahasiswa untuk menunjukkan kualitas terbaik mereka. Kami berharap, event seperti ini bisa digelar secara turin sehingga bisa menelorkan pemain terbaik yang bisa menjadi wakil Maluku dipelbagai levet kompetisi,’’ kunci Pieter.

Dengan demikian, juara satu diraih oleh tim Kedokteran Unpatti, disusul PSDKU Aru Fc dan tempat ketiga diduduki Pattimura 1. Tim juara akan mewakili Maluku di Piala Menpora U-21 tingkat nasional di Yogyakarta, September nanti.(CAL)