Kuota Assesor Maluku 35 Orang

by

Ambon, ameksOnline,- Provinsi Maluku  mendapat kuota penerimaan assesor baru tahun 2019 sebanyak 35  orang. Proses seleksi penerimaan assesor tahun 2019 ini sangat ketat karena sesuai dengan tingkat kebutuhan. Dimana tes tersebut dimulai dengan pendaftaran dan seleksi berkas secara online.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Akreditasi Nasional, Sekolah Madrasah (BAN, S/M) Provinsi Maluku, Abidin Wakano kepada AmeksOnline, Sabtu, (4/5). Dia menjelaskan, berkas calon assesor diperiksa oleh Badan Akreditasi Nasional, Sekolah Madrasah Pusat, kemudian diwawancara.

” Iya benar, di tahun 2019 ini Provinsi Maluku mendapat kuota Assesor sebanyak 35 orang. Proses seleksi penerimaannya sangat ketat sesuai dengan tingkat kebutuhan nya. Dimana seleksi pada tes tersebut dilakukan secara online,” jelas Kepala Badan Akreditasi Nasional, Sekolah Madrasah (BAN, S/M) Provinsi Maluku, Abidin Wakano kepada AmeksOnline, Sabtu, (4/5).

Menurutnya, jika calon assesor dinyatakan lulus maka dilanjutkan dengan pelatihan. Rekrutmen assesor sebanyak 35 orang, namun yang melamar secara online sebanyak 150 pelamar. Untuk saat ini kata dia, sudah melewati seleksi berkas dan berkas itu akan dikirim ke Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah Pusat BAN SM.

” Intinya, yang dinyatakan lolos akan dikirim kembali sesuai dengan kuota atau jatah yang sudah ditentukan. Dimana daerah tak punya kewenangan untuk menentukan, ” bebernya.

Dia membeberkan, mereka yang melamar adalah para dosen, pekerja pendidikan atau selama ini mengabdi di dunia pendidikan, dengan minimal ijazah S1. BAN S/M Maluku sedang berupaya meminta penambahan kuota. Karena sesuai kebutuhan, kuota  untuk Maluku dinilai masih kurang.

Selain itu, kata dia, tantangan wilayah yang cukup sulit dan berat, termasuk sebagian assesor yang sudah usia tetapi juga berbagai alasan dari para assesor yang masih muda. ” Kita harus memiliki alternatif satu grup minimal 9 atau 12 assesor, karena rentang kendali wilayah Maluku yang cukup berat,” pungkasnya. (AKS)