Astra bersama FIF Group meresmikan BWM

by

 

PT Astra International Tbk (Astra) bersama PT Federal International Finance (FIFGROUP), yang merupakan bagian dari Divisi Astra Financial, meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Al Anshor Peduli yang merupakan BWM kelima bagi Grup Astra, yang dilakukan dilingkup pondok pesantren Islam Al Anshor, Kamis, (9/5).

BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal. Hingga Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 45 bank wakaf mikro.

Pelaksanaan Bank Wakaf untuk pertama kali dilakukan oleh PT Astra Sedaya Finance (lebih dikenal dengan nama ACC), yang tergabung dalam Astra Financial, menjadi donatur Bank Wakaf Mikro Minhajut Thullab, Banyuwangi yang diresmikan pada 28 Januari 2019.

Kedua PT Federal International Finance (FIFGROUP) menjadi donatur Bank Wakaf Mikro di Sunan Gunung Jati Baálawy, Semarang 23 Februari 2019. Ketiga PT Asuransi Astra Buana menjadi donatur Bank Wakaf di Pondok Pesantren As’ad, Jambi 3 April 2019, dan keempat PT Federal International Finance (FIFGROUP) menjadi donatur Bank Wakaf Mikro Honai Sejahtera Papua Pondok Pesantren Yaa Bunayya, Jayapura 29 April 2019.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas, dan Direktur FIFGROUP, Sutjahja Nugroho. Dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al Anshor Maluku, Ustad H. Abu Inam A Rohim Rumbara, S.Pd.I, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Maluku dan Manajemen dan Eksekutif Grup Astra. Dan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, yang  diwakili oleh Sekretaris kota Ambon, A. Latuheru hadir dalam kegiatan Astra dan FIFGROUP tersebut.

Pada kesempatan tersebut, ia mengatakan, kepedulian yang ditunjukkan oleh Astra dan FIFGROUP ini merupakan sikap yang patut diacungi jempol. Yang mana, dengan kehadiran BWM ini, kesejahteraan masyarakat di sekitar pondok pesantren dan pedesaan dapat terangkat menjadi lebih baik.

“Dan dengan adanya program ini, perekonomian disekitar pondok pesantren dan lingkungan yang ada disekitarnya terbangun menjadi lebih baik dari sebelumnya,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas, mengatakan, tujuan pendirian Bank Wakaf Mikro tersebut adalah guna mendukung program OJK untuk meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pondok pesantren dan pedesaan.

“Peresmian BWM Al Anshor Peduli yang dilakukan, kemarin. Grup Astra telah lama mendukung pendirian bank wakaf mikro kelima dari 10 yang rencana pendiriannya. Dan didukung penuh oleh Astra International dan anak perusahaannya yang tergabung dalam Astra Financial,” ucapnya saat di wawancara awak media.

Dia mengaku, Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, komitmen Astra dalam mendukung BWM ini bisa terlaksana dengan baik. Sehingga, dapat berperan aktif dalam berkontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia. Dan hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Direktur FIFGROUP, Sutjahja Nugroho, mengatakan, bahwa BWM di Ambon ini merupakan yang ke 3 kalinya dari FIFGROUP yang bekerjasama dengan PT Astra International Tbk. “Pendanaan yang diberikan kepada 3 BWM ini berasal dari dana sosial syariah FIFGROUP serta PT Astra International Tbk,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, pertumbuhan FIFGROUP tentunya tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh masyarakat, dimana FIFGROUP PEDULI memiliki 4 pilar yang terdiri dari pendidikan, kesehatan, lingkungan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Berbagai program CSR FIFGROUP adalah sebagai berikut : pilar pendidikan diantaranya pelatihan guru, FIFGROUP berbagi ilmu, bantuan sarana/prasarana dan beasiswa bagi yang membutuhkan. Pilar kesehatan diantaranya donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan posyandu. Pilar lingkungan diantaranya tanam pohon dan bersih-bersih rumah ibadah dan pilar pemberdayaan ekonomi masyarakat diantaranya dana bergulir dan pelatihan UMKM,” ujarnya. (PRO3)