Lima Wajah Baru Dari Dapil ’Neraka’

by

Ambon, ameksOnline.-Rekapitulasi penghitungan suara calon anggota legislatif di Kota Ambon hampir selesai. Kursi DPRD Provinsi dari daerah pemilihan Ambon juga sudah diketahui.

Ada sembilan kursi dari dapil Ambon. Dari sembilan kursi tersebut, ada lima nama pendatang baru. Sesuai data C1 KWK yang diperoleh Ambon Ekspres, Jumat (10/5) mereka adalah Rovik Akbar Afifudin (PPP), Rostina (PKS), Jantje Wenno (Perindo), Johan Johanis Lewerissa (Gerindra) dan Hamdani Laturua (Nasdem) atau Basri Damis (PKB).

Sedangkan para petahana yang dipastikan lolos ke DPRD Maluku di Karang Panjang, adalah Lucky Wattimuri (PDIP), Elviana M. E. Pattiasina (Demokrat), Richard Rahakbauw (Golkar) dan R. Ayu Hindun Hasanusi (Berkarya).

Kursi terakhir dari Dapil ‘neraka’ ini diperebutkan oleh PKB dan Nasdem. Berdasarkan data yang diperoleh Ambon Ekspres, Nasdem mendulang 9.146 suara dan PKB 8.888 suara.

Namun, data perolehan suara ini masih berpotensi bergerser, karena sebagian suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau belum selesai dihitung.

Wakil Ketua DPW PKB Maluku, Malaka Yanluan mengatakan, pihaknya masih memantau terus perolehan suara. Namun, ia yakin kursi terkahir dari dapil dengan jumlah pemilih terbanyak kedua di Maluku ini akan diisi oleh caleg PKB.

“Makanya, kami masih menunggu hasil akhir. Kalau di PKB yang berpeluang adalah ketua wilayah, pak Bas (Basri Damis),”singkat Malaka.

Sementara itu, beberapa kader partai Nasdem yang dihubungi, mengaku belum mengetahui secara pasti perolehan suara terakhir Nasdem hingga kemarin petang. “Saya belum tahu data terakhir,”kata salah satu kader Nasdem yang dihubungi Ambon Ekspres.

Risgan Semarang, ketua DPD Partai Nasdem Kota Ambon mengaku, perolehan suara Nasdem untuk kursi DPRD provinsi sudah hampir 10.000. Kebetulan yang mengawal di pleno KPU. Memang suara kami sudah segitu. Yang berpeluang dari Nasdem adalah pak Hamdani Laturua,”jelas Rifgan ketika dikonfirmasi.

Tersisa Dua Kecamatan

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon masih menunggu hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu 2019 dari dua kecamatan yang sampai saat ini belum selesai. Kedua kecamatan tersebut adalah Sirimau dan Nusaniwe.

“Tiga Kecamatan yang sudah selesai pleno di KPU. Tinggal Nusaniwe dan Sirimau. Untuk Sirimau tinggal desa Batu Merah yang belum selesai,” ujar Ketua KPU Kota Ambon Muhammad Shadek Fuad, kemarin.

Dikatakan keterlambatan pleno rekapitulasi di dua Kecamatan tersebut, bukan karena didapati banyak persoalan tetapi, faktor jumlah pemilih yang cukup banyak dari tiga kecamatan lainnya, yakni Teluk Ambon, Baguala dan Leitimur Selatan (Leitisel).

Untuk Sirimau, terbagi atas dua daerah pemilihan (dapil) dengan memiliki 398 TPS dari total 900 TPS di Kota Ambon. Bahkan sesuai jadwal, perekapan ditingkat kecamatan sudah harus selesai hari ini (kemarin). Kemudian dilanjutkan dengan pleno ditingkat KPU.

Namun baginya, belum bisa dipastikan karena setelah pleno. Penyelenggara ditingkat Kecamatan juga harus menyiapkan kelengkapan berkas. Terutama pembuatan berita acara kepada saksi partai politik, DPD, Presiden, Bawaslu dan KPU.

“Sesuai jadwal harusnya selesai hari ini (kemarin-red). Kalau mereka selesai sampe sore, maka kami akan lanjut di KPU malam nanti. Namun PPK juga perlu menyiapkan kotak suara, dan dokumen penandantanagan berita acara kepada setiap saksi dan Bawaslu sebelum ke dibawah ke KPU,” jelas Fuad. (TAB/WHB)