Usai Diperiksa KPK, Sekda-Thio Irit Bicara

by

Ambon, ameksOnline.- Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini menyelesaikan pemeriksaan atau klarifikasi atas harta kekayaan Sekretaris daerah Maluku, Hamin bin Tahir dan Kepala Dinas Pendidikan Saleh Thio.

Keduanya diperiksa diperiksa di Kantor Gubernur. Mereka diperiksa dua penyidik KPK. KPK sendiri menugaskan empat anggota pemeriksanya. Dua untuk meminta klarifikasi pejabat negara dari Pemerintah Provinsi Maluku, dan dua lagi untuk pemeriksaan pejabat negara di Pemerintah Kota Ambon.

Usai diperiksa, baik Sekda maupun Kadis Pendidikan irit bicara. Keduanya menolak berkomentar terkait hasil permintaan klarifikasi dari petugas KPK. Keduanya hanya melempar senyum kepada sejumlah wartawan yang sudah menunggu sejak pagi.

KPK hari ini berencana memeriksa empat orang pejabat negara dari Pemerintah Kota Ambon dan Pemerintah Provinsi Maluku. Dari empat pejabat ini, hanya Walikota Ambon yang tidak hadir karena berada di luar daerah.

KPK hanya melakukan pemeriksaan terhadap tiga pejabat, selain Sekda, dan Kadis Pendidikan Provinsi Maluku, Sekretaris Kota AG Latuheru juga sudah menyelesaikan permintaan klarifikasi.

Permintaan klarifikasi, kata juru bicara KPK Febri Diansyah akan dilakukan selama tiga hari. Mulai hari ini hingga 16 Mei Mendatang. Pemeriksaan dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan tindak pidana korupsi.(yan)