Umat Muslim Ambon Sholat Gaib untuk KPPS Wafat

by

Ambon, ameksOnline.-Ribuan umat muslim di Kota Ambon menggelar sholat gaib untuk ratusan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia dalam menjalakan tugas pemilu 2019.

Sholat gaib yang berlangsung di masjid raya Al-Fatah usai Sholat Jumat (17/5) itu dipimpin Abdullah Pattilouw, salah satu imam masjid raya Al-Fatah. Sholat gaib ini sesuai seruan dari calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Imam Besar masjid raya Al-Fatah, H.R.R. Hasanusi mengatakan, Sholat Ghaib  merupakan kewajiban setiap umat muslim. Sehingga siapa pun yang meminta, harus tetap dilaksanakan agar terbina ukhuwah islamiyah, persaudaraan, persatuan dan kesatuan umat islam.

“Ini Sholat gaib kepada arwah orang-orang yang telah meninggal dunia di dalam pelaksanaan pemilihan umum kemarin itu. Cukup banyak. Dan alhamdulillah, saya bisa mengajak kaum muslimin untuk Sholat (gaib) mendoakan mereka,”kata Hasanusi usai sholat gaib.

Ia berharap, dengan doa dari ribuan jammah tersebut, amal ibadah para petugas pemilu yang wafat, baik KPPS maupun Panwas dapat diterima oleh Allah SWT.

“Mudah-mudahan Allah Subhanahu watta’allah memberikan ampunan kepada mereka. Memberikan tempat yang layak dalam pengabdian mereka. Baik dalam ibadah maupun dalam pengabdiannya untuk negara dan bangsa,” kata dia.

Ia juga berharap, pemilihan presiden dan anggota legislatif dipisah. Sistem dan tata cara yang dipakai dalam pemilu 2019, menurutnya, tidak rasional karena terjadi banyak kecurangan dan korban nyawa.

“Ini model yang sudah tidak rasional. Pilih presiden sendiri. Nanti dua minggu atau satu bulan, pilih lagi caleg sendiri. Jangan macam begini (serentak). Orang kerja sampai puluhan hari, lalu kemudian ada unsur kejahatan yang masuk dalam pekerjaaan mereka, kan bahaya. Ya, ajal di tangan Allah, tapi orang juga bisa menentukan sebab untuk mendapatkan ajal itu,”pintanya. (Tab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *