Mudik Gratis Dipadati Ribuan Pemudik

by

Ambon, ameksOnline.- Sehari mudik lebaran dibuka, ribuan pemudik nekat berdesak-desakan di Pelabuhan Jos Soedarso. Sabtu (25/5) Pemerintah Provinsi menyiapkan dua kapal perintis, Sabuk Nusantara 107 dan Sabuk Nusantara 71.

Dua kapal perintis ini akan berlayar menuju Kabupaten Seram Bagian Timur. Dua pulau akan disinggahi, Geser juga Pulau Gorom. Termasuk juga Werinama. Penumpang diharuskan mengantongi tiket gratis yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Maluku sebelum naik ke kapal.

Setelah mengantongi tiket, mereka harus berdesak-desakan untuk lolos lari pemeriksaan ketat petugas. Petugas akan memberikan stempel cap di tangan pemudik, sebagai tanda mereka sudah melewati pemeriksaan untuk naik ke kapal.

Kepala Dinas Perhubungan  Provinsi Maluku Frans Papilaja, turun langsung meninjau mudik gratis perdana yang dilakukan Pemerintah Provinsi Maluku melalui pelabuhan Yos Soedarso Ambon.

“Mudik gratis ini hanya dikhususkan kepada masyarakat muslim. Mereka cukup menunjukan Kartu Tanda Penduduk ( KTP) serta Kartu Keluarga (KK). Dan kalau dalam kartu keluarga terdapat sembilan nama, maka sembilan nama tersebut bisa berangkat dengan tujuan yang sudah disiapkan pemerintah,” kata Papilaja.(upi)