RSUD Haulussy Kembali Layani JKN KIS

by

Ambon, ameksOnline. – Rumah Sakit Daerah (RSUD) dr. M Haulussy akhirnya kembali bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Kerja sama tersebut dilakukan karena Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) telah melakukan penilaian akreditasi terhadap RSUD dr. M. Haulussy beberapa waktu lalu. Hasilnya telah tayang di website resminya KARS pada tanggal 28 Mei 2019.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Afiana Latumakulita kepada media ini kemarin. Dia menjelaskan, RSUD dr. M Haulussy Ambon telah mengajukan kerja sama kembali pasca akreditasinya tayang di website resminya KARS.

” Iya benar, Rumah Sakit Haulussy telah menyurati kami pasca akreditasinya telah tayang di web KARS, dan kami langsung tindaklanjuti, “Akuinya saat dikonfirmasi, Kamis (30/05).

Selain akreditasi, kata dia, seluruh persyaratan dalam melakukan kerja sama telah dipenuhi oleh RSUD dr. M. Haulussy. ” RSUD Haulussy telah memenuhi syarat, proses kredensialing juga telah selesai. Jadi, mulai hari Selasa 28 Mei 2019 RSUD Haulussy secara resmi telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” bebernya.

Menurutnya, hal tersebut tentunya akan menjadi kabar baik bagi semua pihak, terutama peserta JKN-KIS. Karena mereka kembali mengakses pelayanan di Rumah Sakit milik pemerintah provinsi itu.

Dia berterima kasih kepada Pemprov Maluku yang sebelumnya turut andil dalam pembiayaan peserta JKN di RSUD Haulussy pasca diberhentikanya kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dana itu dapat digunakan untuk program-program prioritas lainya.

Selain itu, dia mengapresiasi upaya-upaya baik dari pihak RSUD dr. M. Haulussy, Pemerintah Provinsi Maluku, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku sehingga proses akreditasi RS ini cepat terselesaikan dan kembali dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya peserta JKN-KIS.

Sebelum menutup teleponnya, dia menghimbau kepada beberapa Rumah Sakit di Maluku yang masa akreditasinya akan berakhir di Tahun 2019 seyogianya dapat melakukan akreditasi untuk mengantisipasi penghentian pelayanan kepada peserta JKN.

Dia menyebutkan, RS tersebut diantaranya RS Sumber Hidup yang akan berakhir pada 14 Juni 2019, RSUD Karel Sadsuitubun akan berakhir pada 27 November 2019, RS Bhakti Rahayu akan berakhir pada 30 November 2019, RS Hative Akan berakhir pada 04 Desember 2019, dan RSUD Masohi akan berakhir pada 21 Desember 2019.

” Saya berharap kepada RS yang masa akreditasinya akan berakhir pada tahun ini, agar dapat melakukan proses akreditasi untuk mengantisipasi penghentian pelayanan JKN,” pintanya. (AKS)