32 Jenis Pangan tak Higenis

by

32 Jenis Pangan, Positif Tak Higenis

Ambon, ameksOnline.- Pengawasan yang dilakukan Balai Pengawasan Obat dan Minuman Maluku menemukan 32 jenis pangan yang positif mengandung e coli atau lebih dikenal Mikroba patogen. Manusia yang mengkonsumsi barang ini  bisa terserang  diare.

Temuan ini berdasarkan pengawasan BPOM dibeberpa kabupaten/kota di Maluku.  “Pengawasan dilakukan di Kota Ambon, Maluku Tengah, SBB, Buru, Tual, SBT dan Bursel,” kata Kepala BPOM Maluku, Hartini kepada pers di Ambon, kemarin.

Dia menyebutkan, pengawasan dilakukan disejumlah  distributor baik retail atau pedagang eceran. Ada 213 sarana distributor baik retai atau eceran. Dari hasil pengawasan ditemukan ada 127 sarana MK (Memenuhi Ketentuan), sedangkan 86 sarana TMK (Tidak memenuhi ketentuan atau ditemukan pelanggaran).

Jumlah item barang yang ditahan, sambungnya ada 441 item dengan junlah 13312 kemasan/pcs. Sementara untuk takjil total sampel yang diuji terhadap bahan berbahaya sebanyak 203 sampel dibeberapa kabupaten/kota.

“Hasil uji 2 item diduga mengandung bahan berbahaya dan 30 item yang hasil uji mikroba patogen positif dari 36 item yang diuji di lab mikrobiologi,” ungkapnya.

Hartini juga menyampaikan, temuan sebagian besar karena kadaluarsa. Barang ini  langsung dimusnahkan  oleh pemiliknya.

“Untuk yang hasil uji mikrobiologi tidak memenuhi syarat dilakukan intervensi ulang bersama  dengan Dinas Kesehatan dan kader keamanan pangan desa. “Kami akan kerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui kesling di puskesmas untuk melakukan edukasi ulang. Karena bisa juga air bersih yang digunakan membuat pangan memenuhi standar,” bebernya.(IWU)