Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa

by

 

Ambon, ameksOnline.- Semangat Pancasila adalah semangat persatuan dan kesatuan yang diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan Kemanusiaan yang adil dan beradab di seluruh sektor kehidupan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Triyono Haryanto usai melaksanakan upacara hari lahirnya pancasila di kantor kejati Maluku. Dia menjelaskan, hingga saat ini Pancasila sudah terbukti sebagai pemersatu bangsa dari beraneka ragam bahasa, suku bangsa budaya dan etnis.

” Iya benar, selama ini bangsa kita telah bersatu karena Pancasila dimana semuanya telah tercantum dalam setiap sila Pancasila,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Triyono Haryanto, Sabtu, (1/6).

Menurutnya, dengan melihat situasi sekarang diharapkan untuk senantiasa mengamalkan sila sila  Pancasila dalam kehidupan. Dimana negara Indonesia sangat membutuhkan perdamaian sehingga tercapainya keadilan dan kemakmuran bagi rakyat.

Dia berharap agar pendidikan dasar Pancasila yang dulu, dapat diimplementasikan kembali sebagai pembelajaran generasi penerus bangsa agar mereka lebih memahami sila Pancasila dan sendi- sendi didalamnya. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan kehidupan yang aman damai dan sejahtera.

” Ada beberapa daerah tertentu ketika agama Islam  sedang melaksanakan ibadah,  yang beragama Kristen, Budha dan Katolik menjaga keamanan, begitu pun sebaliknya. Hal tersebut terasa indah karena satu sama lain saling menghargai dan menghormati, ” pungkasnya. (AKS)