Cuaca Buruk, Tiga Gedung di IAIN Ambon Nyaris Ambruk

by

Ambon, AmeksOnline.- Hujan deras ditambah angin kencang, membuat beberapa titik di Kota Ambon mengalami bencana. Dikawasan Hotel Manise, di Jalan Benteng Kapahaha pohon tumbang dan menimpa salah satu mobil yang sedang parkir di pinggir jalan, sekira pukul 15.40 Wit tadi, Senin (3/6).

Selain itu, tepat di depan Kantor Pengadilan Negeri Ambon, pohon juga tumbang. Tidak menimbulkan korban jiwa, hnya saja akibat dari tumbangnya pohon tersebut sempat membuat kemacetan kenderaan yang melintas.

Tak kala ngeri di Kampus IAIN Ambon, Kecmatan Sirimau, Kota Ambon. Tiga Gedung di Kampus hijau itu nyaris runtuh akibat adanya pergerakan tanah disertai hujan deras.

Gedung berlantai yang mengalami retak, yakni Auditorium, Laborataorium MIPA serta Perpustakaan.

“Tanahnya sekarang bergeser jadi berpengaruh ke gedung perpustakaan itu sekarang jadi retak semua ini,” kata Humas IAIN Ambon, Amiruddin M.Pd saat dihubungi pers, sore ini.

Amiruddin menyebutkan, dari tiga gedung yang terkena imbas pergerakan tanah. Gedung Perpustakaan mengalami kerusakan parah, sehingga tidak dapat difungsikan sementara.

“Untuk perpustakaan sudah tidak bisa lagi dipakai. Karena rusak parah,” tandasnya. Pihak kampus telah mengeluarkan sebagian barang dari tiga gedung yang mengalami kerusakan.

selain itu, kantor DPD Partai Golkar Maluku juga mengalami kerusakan pada bagian atapnya. Angin kencang merusak kerangka dan atap gedung itu.

Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paays yang dikonfirmasi menyebutkan telah memerintahkan stafnya melakukan pengecekan di lokasi.

“Staf sudah saya perintahkan untuk turun ke lokasi mengecek langsung,” tegasnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, upaya penanganan sementara oleh Dinas Pekerjaan Umum di lokasi, yakni menutup mahkota longsor dengan terpal untuk menghambat pembentukan bidang gelincir, pipa air yg patah dan mengakibatkan dorongan tanah semkin kuat segera di sambung kembali. (NEL)