Satu Rumah Tertimpa Longsor di Taeno

by

Ambon, ameksOnline.- Tiga hari  diguyur hujan disertai angin tanpa henti, berakibat bencana longsor. Kamis (6/6) Rumah milik Wolter de Costa (46) rusak parah diseret longsor.

Bencana ini terjadi sekira pukul 02.20 wit dini hari. Rumah da Costa yang terletak di Dusun Taeno bawah, Wailela, Desa Rumahtiga kecamatan Teluk Ambon itu rusak parah akibat tertimbun tanah. Sempat membuat jalan lintas didaerah itu putus, akibat longsoran menutupi ruas badan jalan tersebut.

“Saru warga bernama Robert da Costa (15) anak dari bapak Wolter da Costa mengalami  luka. Dia telah di evakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara. Akses jalan ke dan dari Dusun Taeno  lumpuh karena longsor telah menutupi seluruh badan jalan,” ungkap Kasubbag Humas Polres P Ambon dan Pp Lease, Ipda Julkisno Kaisupt kepada Ameks Online, siang ini.

Rumah itu didiami dua Kepala Keluarga, dengan jumlah jiwa sebanyak 11 orang. Setelah menerim laporan masyarakat, Kapolsek Teluk Ambon dan personil Polsek Teluk Ambon serta Personil PRC Polres Ambon langsung turun ke TKP utk mengamankan TKP. Sekaligus, berkoordinasi dengan pihak PLN untuk memutuskan aliran listrik ke rumah korban.

“Kita lakukan koordinasi dengan masyarakat sekitar untuk membersihkan lokasi longsor. Namun, tumpukan longsor terlalu banyak sehingga kita berkoordinasi dengan salah satu masyarakat untuk menggunakan  exavator membersihkan tumpukan tanah  yang menutupi semua badan jalan,” ujar dia.

Sekira pukul 07.00 wit, akses jalan telah dibersihkan menggunakan  alat exavator. Kemudian pukul 08.30 wit, 2 unit mobil damkar pemkot Ambon membersihkan lumpur yang tersisa di Jalan Raya.

”Saat ini kondisi terkendali seperti biasa. Sementara pra korban masih berdiam di rumah warha. Sementara yang 1 (anak bapak da Costa) masih dalam perawatan di RS Bhayangkara,” kata dia. (NEL)