Talud Ambruk Sepanjang 520 Meter

by

Ambon, AmeksOnline.- Ombak besar Akibat hujan lebat di sertai angin kencang, menyebabkan talut penahan ombak di dua negeri di Maluku Tengah ambruk. Talud itu berada  di Negeri Liang,  dan Negeri Sahulauw, Kecamatan Elpaputih.

Di Liang kerusakan mencapai   500 meter, sementara kerusakan talud di Sahulauw mencapai  20 meter. Informasi ambruknya penahan ombak ini, di peroleh media ini dari petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malteng, yang melakukan tugas pengawasan lapangan dalam rangka memonitoring dampak bencana.

Menurut sumber BPBD, talud penahan ombak sepanjang 520 meter pada kedua negeri tersebut mengakibatkan terjadinya pengikisan tanah pada permukaan pantai yang cukub hebat. Sehingga, harus di lakukan penanganan secara khusus  atau secepatnya agar tidak mengakibatkan pengikisan semakin melebar hingga ke jalan raya.

Selain pengikisan pada wilayah permukaan pantai, ada dua rumah warga di negeri Liang yang terancam oleh ganasnya ombak. Rumah itu milik  keluarga J. Matatulla dan keluarga Pendeta Sanamase.

BPBD Malteng sudah menyampaikan laporan kepada pemda setempat maupun melakukan koordinasi dengan pihak OPD terkait dalam hal ini Dinas PUPR kabupaten Maluku Tengah.

“Staf kami sudah melakukan pantauan dan monitoring di beberapa titik rawan bencana, dan hasilnya sudah kami sampaikan ke pemda maupun OPD terkait agar dapat di tindak lanjuti agar tidak menimbulkan kerugian yang semakin besar,” ungkap Plt Kepala BPBD Bob Rahmat kepada pers.

Selain itu, kata dia, juga sudah di sarankan kepada warga yang berada di lokasi rawan bencana agar selalu waspada dan segera evakuasi apabila terjadi bencana agar tidak menimbulkan korban jiwa. (NEL)