Talud di Bantaran Sungai Batu Gajah Ambruk

by

Ambon, ameksOnline.- Hujan lebat yang mengguyur Ambon, juga menyebabkan rusaknya talud di bentaran sungai Batu Gajah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Talud ini ambruk sepanjang 15 meter dihantam banjir air sungai Batu Gajah.

Ambruknya talud bentaran sungai itu, terjadi sekitar pukul 15.30 wit. Warga di kelurahan Batu Gajah, RT 003/RW 03 dibuat panik. Mereka kemudian terbangun dan mencoba untuk melakuka tindakan antusipatif. Saat itu, hujan tak begitu kuat. Namun, air sungai yang telah berwarna coklat itu masih deras.

Normalisasi baru dilakukan setelah warga setempat selesai menjalankan ibadah Minggu di Gereja. “Kejadiaannya sekitar subuh pagi tadi, pukul 05.30 wit. Kita baru melakukan antispasi untutuk mengambil langkah dan memasang bronjong milik tetangga sekitar untuk mengantisipasi hantaman banjir tersebut. Kita lakukan secara bersama atau gotong royong,” ungkap Berty Tanate warga setempat kepada Ameks Online di TKP, siang ini.

Setelah kejadian ini,  melalui pihaK RT langsung melaporkan ke  Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kota Ambon. “Jadi kita berterimaksih, kepada Pemkot Ambon atas koordinasi tersebut, mereka turun dan langsung bersama membantu, serta memgambil tindakan untuk melakukan pencegahan,” kata dia.

Kepala BPBD  Kota Ambon, Denny Pays mengatakan, pihaknya bersama tim bekerja cepat, dan tepat turun ke lokasi bencana untuk melakukan tindakan. “Jadi kita sudah lakukan pantauan dan langsung koordinasi dengan Dinas PUPR Kota Ambon untuk secepatnya melakukan tindakan.  Mungkin besok sudah dilakukan pekerjaan perbaikan talud. Kita sudah koordinasi,” jelas dia.

Ambruknya talud bentaran sungai Batu Gajah ini, menambah jumlah titik bencana di Kota Ambon. Total 32 titik bencana yang ada di 5 Kecamatan di Kota Ambon. “Jadi, kami juga sudah himbau kepada warga untuk lebih aktif dalam mengantisipasi bencana, akibat dari cura hujan beberapa waktu ini. Jadi seja tanggal 6 Juni sampai saat ini, sudah total 32 titik longsor di Kota Ambon,” ujar dia. (NEL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *