Bripka Tuhuteru, Polisi Telada Se-Indonesia

by

Ambon, ameksOnline.- Bastian Tuhuteru, tak lagi asing di telinga publik Maluku, bahkan nasional. Berpangkat Bripka, Bastian banyak menoreh prestasi dilingkungan Polri. Kini, ia menjabat sebagai Ps. Kanit Binmas Polsek Namrole, Polres Buru, Polda Maluku.

Bastian Lulus Sekolah Bintara Polri SPN Paso Polda Maluku pada tahun 2005, kemudian ditempatkan di Ditsabhara Polda Maluku. Ketika bertugas di Dit Sabhara, dia juga kuliah di Universitas Patimura Ambon pada Fakultas Keguruan dengan jurusan Bimbingan Konseling dan lulus dan mendapat gelar Sarjana Pendidikan (SPd) pada tahun 2012.

Pada tahun 2015, Bastian di mutasi ke Polres Buru dan ditempatkan di Polsek Namrole dengan Jabatan Ps Kanit Bimas.

Dengan jabatan tersebut, Bripka Bastian berkunjung ke desa desa terpencil di Pulau Buru diantaranya ke dusun Walafa desa Wamkana.
Melihat perkembangan pendidikan di desa tersebut, Bastian merasa prihatin.

Dengan berbekal ilmu yang di dapatkan Bastian kemudian mengabdikan diri sebagai seorang pengajar pada dusun Waelafa desa Wamkana.

Atas dedikasi dan pengabdian tersebut, Bastian mendapat penghargaan dari Kapolda Maluku Irjen Pol, Royke Lumowa pada tanggal 18 Maret 2019.

Bastian kemudian, dikirim untuk mewakili Polda Maluku pada seleksi Polisi teladan tingkat Nasional di Jakarta. Bastian bersaing dengan 68 Personil Polri perwakilan Polda seluruh Indonesia.

Dari hasil seleksi tersebut, Bripka Bastian Tuhuteru terpilih sebagai juara 1 Polisi teladan Indonesia tahun 2019. Atas prestasi tersebut Bripka Bastian Tuhuteru menerima penghargaan langsung dari Kapolri Jenderal Mohamad Tito Karnavian dalam acara Musrenbang Polri yang berlangaung pada, Rabu (12/6), kemarin.

Atas keberhasilan Bripka Bastian Tuhuteru tersebut, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa ikut bangga atas prestasi tersebut. Kapolda Berharap prestasi tersebut menjadi motifasi bagi anggota Polda Maluku lainnya untuk lebih mengembangkan diri tanpa pamri.

“Karena walaupun kita berada di Maluku, namun mampu bersaing dengan Polda-Polda lain,” ungkap kapolda Maluku, Irjen Royke Lomuwa melalui rilis yang diterima ameksOnline ini.

Selain Penghargaan dari Kapolri selaku Polisi Teladan Se-Indonesia, Bripka Bastian Tuhuteru juga mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp 100 juta. Bripka Bastian Tuhuteru juga pernah mendapat penghargaan oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa, pada tanggal (18/3), atas prestasinya, mendirikan perpustakaan serta menjadi seorang guru,yang mengajar anak-anak SD di Dusun Walafau, Desa Wamkana Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel.

Sebelumnya pada tahun 2017 Brigader Artur Hurulean dari Polres Maluku Tenggara, juga berprestasi sehingga diundang bertemu dan makan bersama Presiden Jokowi di Istana. (NEL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *