Saptenno Siap Bertarung Kembali

by

Ambon, ameksOnline.- Senat Universitas Pattimura mulai  saat menggodok peraturan tentang pemilihan rektor. Pemilihan rektor direncanakan berlangsung tahun depan. Petahana, Marthinus Saptenno memastikan maju bertarung lagi.

Ketua Senat Unpatti Salmon. N. Nirahua mengaku, saat ini, peraturan pemilihan rektor sementara dikonsultasikan ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. “Sebab syarat mutlak memang harus ditentukan di dalam Permenristekdikti untuk seorang calon Rektor,” kata dia.

Syarat itu diantaranya, usia 60 tahun tidak dapat mengajukan diri menjadi rektor serta keputusan ditentukan secara mutlak oleh lektor kepala. Karena seseorang yang sudah naik sebagai lektor kepala sudah pasti bergelar Doktor.

Masa jabatan Rektor yang kini dijabat Marthinus Johanes Saptono akan berakhir tahun 2020. Siapapun diantara dosen yang memiliki persyaratan untuk boleh bertarung.

Saptenno, yang dikonfirmasi soal kesiapannya untuk maju kembali, menyatakan siap. Dia juga sudah meminta restu senat.”Saya ikut partisipasi dalam pemilihan rektor mendatang,” ujarnya.

Dia mengaku,  saat ini belum memasuki batas usia yang ditentukan dalam Permenristekdikti. “Saya memenuhi syarat berdasarkan aturan. Usia saya belum  60 tahun,” kata dia. (PRO3)