Polda Operasi 20 Pasien Bibir Sumbing

by

Ambon, ameksOnline.- Menyambut HUT Bhayangkara ke-73, pada 1 Juli mendatang, Polda Maluku menggelar operasi kelainan kongenital celah bibir dan langit-langit (bibir sumbing) di Rumah Sakit Bhayangkara Tantui, Kota Ambon, Senin (17/6).

Operasi bibir sumbing diikuti 20 pasien yang berasal dari sejumlah kabupaten di Maluku, dengan mayoritas pasien adalah anak-anak.

Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa mengatakan, bakti kesehatan operasi kelainan kongenital merupakan program “Senyum Bersama Polri” dengan target 500 pasien di seluruh Indonesia.

“Polda Maluku ditargetkan 20 pasien. Karena di Kota Ambon sering mengadakan bakti kesehatan ini, pasien kelainan kongenital tidak banyak. Kebanyakan mereka yang mendaftar datang dari kabupaten-kabupaten di Maluku,” kata Kapolda .

Pelaksanaan operasi konginetal mendatangkan 6 tenaga medis dari Makassar, Sulawesi Selatan. “Tenaga medis ada dari Makassar  ada 6 orang, jadi total 10 tenaga medis yang terlibat pada kegiatan bakti kesehatan,” ujarnya

Akomodasi pasien dari daerah asal sampai ke Ambon menjadi tanggungan Polda Maluku hingga mereka selesai menjalani operasi. Mantan Kakorlantas Polri ini berharap operasi berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi semua pasien.

Pasien kongenital, Annbel yang masih berusia 10 bulan datang dari Pulau Kisar Kabupaten Maluku Barat Daya. Annabel dan ibunya harus menempuh perjalanan menggunakan kapal laut selama dua hari untuk sampai ke Ambon.

Sang Ibu, Intan Riry kepada pers mengatakan, setelah mendapat informasi operasi gratis dari keluarganya di kampung. Ia langsung meminta untuk didaftarkan.

“Dapat info ada operasi bibir sumbing dari ponakan. Lalu syaratnya harus kesini. Dan kita berangkat ke Ambon baru tiba kemarin dengan kapal cepat cantika,” ujar Ibu Pasien, Intan Riry.

Sejak lahir,  Annabel mengalami kelainan bawaan. Kedua belahan wajah tidak menyatu dengan baik saat dalam kandungan, sehingga membuat celah di bibir atau langit-langit mulut.

“Iya anak saya mengalami kelainan dari lahir. Disana tidak ada operasi bibir sumbing. Jadi saat tahu disini ada operasi gratis. Kita langsung ke Ambon. (NEL)