Komnas HAM RI Temui Gubernur Maluku

by

Ambon, ameksOnline.- Komisi Nasional Hak Asasi Manusi (KomnasHAM) RI temui pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku. Diterima langsung oleh Gubernu Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Senin (24/06).Pertemuan itu ada komitmen dan kesepakatan kerja sama guna kemajuan pembangunan Maluku dari perspektif HAM kedepanya.

Murad Ismail, menyampaikan lawatan Kepala KomnasHAM RI, Ahmad Taufan Damanik, selain silaturahmi ada beberapa hal penting yang di sampaikan menyangkut kejadian-kejadian HAM di Maluku.

“Kunjungan mereka (KomnasHAM-red) ke Maluku bertemu dengan Gubernur. Ada beberapa hal yang di bicarakan. Terutama menyangkut kejadian HAM. Ada hal-hal yang perlu di tingkatkan dari informal menjadi formal,” ujar Murad Ismail kepada awak media usai menerima kunjungan ketua Komnas HAM, Ahamad Taufan Damanik. Pertemuan tertutup  itu berlangsung di ruangan kerjanya.

Menurut dia, ada beberapa kasus (Pelanggaran HAM) yang perlu disikapi dan dibicarakan dan sikapi lebih lanjut. Murad juga tidak menampik di Maluku juga masih banyak terjadi kasus pelanggran HAM. Terutama menyangkut kasus tanah (sengketa lahan) dan lain sebagainya.

“Tetapi pada intinya Komnas HAM bersilaturahmi dengan Provinsi Maluku adalah sesuatu hal yang luar biasa. Bagus untuk kita kerja sama ke depan,” kata Murad.

Murad menuturkan, karena apapun alasannya perkembangan Maluku sudah berbedah jauh dari tiga empat tahun sebelumnya bila dibandingkan dengan kondisi Maluku saat ini.

“Tahun-tahun lalu, 2014 Maluku masih tercatat sebagai pelanggar. Pokoknya kalau ada Pemilu, Pilkada itu daerah rawan satu Maluku, tetapi sekarang tidak ada lagi rawan. Nomor tiga  dari tempat lain,” tutur Dia.

Olehnya, untuk membangun Maluku kedepan yang lebih baik dari perspektif HAM, juga tidak terlepas dari peran semuah lapisan masyarakat. Dan tidak terlepas dari peran media penting sebagai garda depan mewartakan situasi dan kondisi Maluku.

“Untuk itu saya minta kepada kalian (pers) semuah. Tolong jaga hal-hal seperti ini dan memberitakan hal-hal yang baik.Bicarakan hal-hal yang baik tentang Maluku. Biar kita punya nilai jual ke pusat itu lebih besar,” kata Dia.

Murad, bahkan berpesan kepada awak media agar memposisikan diri. Katanya (mencontohkan) wartawan di negara Malasyah.” Di  Malayska itu kita punya tenaga kerja (TKI) luar biasa di sana dianiya. Tetapi tidak pernah orang Malaysia punya wartawan. Itu tidak pernah membicarakan (Kejelekan) orang Malaysia itu, tidak pernah,” kata mantan Dankorps Brimob Polri ini, mencontohkan.

Kepala Komnas Komnas HAM RI, Ahmad Taufan Damanik, lawatannya ke Maluku, bertemu Gubernur Maluku, jelasnya pertama berkaitan dengan pembangunan di Maluku.” Tadi pak Gubernur juga sudah jelaskan masih banyak yang perlu di kembangkan. Dari aspek SDM, dan SDA dan lain-lain,” ujar

Untuk Komnas HAM sendiri salah satu mandatnya, adalah mendukung pemerintah daerah untuk mengembangkan daerah tersebut dari perspektif Hak Asasi Manusia (HAM). Begitu pula dengan instansi lainnya.

“Tentu, Pemda juga sama dengan lembaga-lembaga yang lain. Maluku sudah sangat baik, tadi sudah di jelaskan.Dan juga sudah ada komitmen yang kuat. Saya terharu juga dengan apa yang disampaikan pak Gubernur. Menyampaikan komitmenya yang luar biasa tentang tekatnya membangun Maluku kedepan,” kata Ahmad Taufan Damanik, terpisah.

Komnas HAM akan mendukung tekat itu bersama-sama rakyat Maluku yang tersebar di pulau-pulau (1346 pulau). Menurut dia, membangun daerah dengan krakteristik geografis kepulaun tidak segampang itu.Dan butuh komitmen bersama untuk kemajuan Maluku kedepan yang lebih baik.

“Tidak gampang untuk membangun Daerah dengan geografisnya seperti ini.Tetapi tekat beliau (Gubernur) kami sangat hormati dan hargai, insya Allah bisa terwujud bersama-sama tokoh-tokoh masyarakat dan juga melalui peran serta media di Maluku,” imbuhnya.(ERM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *