Lima Pesepakbola Maluku Belajar di Thailand

by

Ambon, ameksOnline.- Maluku (Tulehu) selama ini yang dikenal sebagai kampung sepakbola Indonesia. Banyak pesepakbola nasional berasal dari sana.

Banyaknya talenta berbakat di Tulehu membuat AIA menggelar program ‘AIA 100 TalentsGo to Phuket, Thailand’ disana. Hasilnya, ada lima pemain muda berhasil dijaring oleh tim seleksi yang dipimpin oleh Imran Nahumarury.

Kini, lima pemain yang terjaring, yakni Muhammad Zidan Jailani Lestaluhu, Muhammad Gufran, M Zein Patty, Raihan Nazwan dan Adrian Yusnan, sudah bertolak ke Phuket, Thailand untuk belajar ilmu sepakbola selama satu bulan kedepan.

Imran Nahumarury, Ketua Tim Seleksi AIA Wilayah Timur menerangkan, proses seleksi yang dilakukan beberapa minggu lalu, berhasil membuahkan hasil, yakni ada lima orang yang berhasil dijaring.

”Secara keseluruhan, ada 100 pemain di seluruh tanah air yang mendapat. Kesempatan untuk belajar sepakbola di Thailand, termasuk lima pemain Maluku yang mendapatkan kesempatan tersebut,’’ terang Nahumarury saat dikonfirmasi Ambon Ekspres via ponsel, Rabu (26/6).

Menurut mantan pemain Persija dan Persib Bandung ini, lima pemain muda itu sudah tiba di Phuket.’’ Alhamdulillah, beberapa hari lalu, Zidan dan kawan-kawan sudah bertolak ke Thailand dan saat ini mereka sementara melakoni program football training yang dipaparkan langsung oleh coach Tottenham Hotspur, Anton Blackwood dan Shaun Harris,’’ papar dia.

Nahumarury pun merasa sangat senang melihat antusias anak-anak di Maluku saat melakoni seleksi AIA 100 Talents Go To Phuket beberapa minggu lalu.’’ Kami berharap inisiatif yang kami usung ini dapat menginspirasi masyarakat menerapkan gaya hidup sehat, antara lain melalui olahraga sekaligus menanamkan kesadaran akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat sejak dini, serta membuka kesempatan bagi para talenta muda sepakbola Indonesia untuk mengikuti pelatihan berkelas internasional,’’ papar Nahumarury.

Pelatihan di Thailand meliputi sesi di lapangan,  dan di dalam kelas untuk mengembangkan kemampuan sepakbola mereka serta memberikan pemahaman yang lebih baik, akan manfaat dari olahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat sebagai bekal bagi anak–anak dalam menjalani kehidupan baik di dalam maupun luar lapangan.

”Kami selalu berharap, adik-adik (pemain) yang belajar ilmu sepakbola di Phuket bisa memanfaatkan kesempatan emas ini dengan baik sehingga mereka bisa menerapkan ilmu yang mereka dapatkan saat kembali ke SSB atau akademi masing-masing,’’ kunci mantan gelandang Timnas Indonesia ini.(CAL)