Kontraktor BPJN Diduga “Curi” Material Sungai

by

Ambon, ameksOnline.- Kontraktor pembangunan jalan Air Nanang-Masiwang, Kabupaten Seram Bagian Timur mengangkut material galian C dari Kali Kilga diduga tanpa mengantongi ijin dari pemerintah. Masalah ini didiamkan Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah XVI Maluku-Maluku Utara.

Proyek jalan Air Nanang-Masiwang dibiayai oleh APBN melalu Balai Jalan sebesar Rp62 miliar. Proyek ini dikerjakan oleh PT Cipta Utama Bahagia. Perusahaan berdomisili di Makassar, Sulawesi Selatan. Namun dipinjam oleh kontraktor bernama Tanjung, dan Banjar Nahor.

Masalah dalam proyek ini sudah dimulai sejak awal. Cipta Bahagia Utama dimenangkan melalui cara curang. Perusahaan ini, adalah penawar tertinggi dalam tender. Penawar terendah, PT Billian Raya. Anehnya saat penetapan, penawar tertinggi pemenang, sementara penawar terendah pemenang cadangan.

Belum lagi syarat alat berat yang tak dipenuhi perusahaan ini. Masalah juga muncul setelah proyek puluhan miliar dikerjakan. Tanpa mengantongi ijin perusahaan asal Makassar, mengangkut material Galian C. Pengambilan dilakukan di Kali Kilga.

Kasus ini kemudian dilaporkan oleh Yadin Patuh ke Polres SBT. Namun hingga kemarin kasus ini belum juga disentuh polisi. “Kami sudah laporkan. Tapi belum ada perkembangan,” kata dia.

Sumber ameksOnline di pemerintah Kabupaten SBT maupun di Pemerintah Provinsi Maluku, menegaskan kalau perusahaan itu tidak mengantongi ijin pengambilan galian C di Kali Kilga, maupun daerah lain. “Itu illegal,” kata sumber ini.(yan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *