Dana Digelapkan, 5 ASN Diperiksa Jaksa – Ambon Ekspres
Hukum

Dana Digelapkan, 5 ASN Diperiksa Jaksa

AMEKS ONLINE, AMBON.–Pemerintah Kota Ambon belum sepi dari dugaan kasus korupsi. Dua pejabatnya, Morits Lantu dan Daniels Souhoka dalam waktu dekat akan dieksekusi dalam perkara Taman Kota tahun 2012. Kini Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon mulai melirik dugaan penggelapan dana Tunjangan Perbendaharan Ganti Rugi (TPGR) di Dinas Inspektorat Kota Ambon.

Kasus itu masih dalam proses puldata dan pulbaket. Kejari Ambon melalui Bidang intel telah selesai melakukan pemeriksaan terhadap lima orang ASN dilingkup Inspektorat Kota Ambon yakni, Nevi Muskita, Boyke Kaya, Yan Soukota, Bendahara Inspektorat Olivia Luhukay, dan Meske Latuperissa. Kelima saksi ini dalam peran yang berbeda.
“Ya, kami telah selesai melakukan permintaan keterangan terhadap 5 orang saksi. Masih lagi yang kita minta termasuk, Sekertaris Inspektorat Kota Ambon, Metilda Nanlohy,” ungkap sumber koran ini dilingkup Kejari Ambon kemarin.

Menurutnya, kelima saksi ini memiliki peran yang berbeda dalam upaya menggelapkan dana TPGR tahun 2016 senilai ratusan juta. “Masih dalam proses penelitian kasus. Ada yang berupaya untuk mengambil kunci dari bendahara dan mengambil uang tersebut dari brangkas dinas tanpa sepengetahuan bendahara. Nah, ini masih kita dalami lagi,” jelas sumber.

Kepala Kejari Ambon, Robert Ilat membenarkan adanya pengusutan kasus itu. Kata dia, masih ditahap puldata dan pulbaket. Namun pihaknya belum bisa memberikan banyak informasi terkait materi kasusnya. “Ya kita sementara puldata dan pulbaket, dan itu sifatnya rahasia,” singkat Kajari Ambon.

Kasus ini bermula dari adanya laporan masyarakat ke kantor Kejari Ambon. laporan tersebut diduga dilaporkan oleh orang dinas sendiri. Hasilnya, masih dalam proses pendalaman oleh Bidang Intel. (NEL)

Most Popular

To Top