Ruko Mardika Kembali Terbakar – Ambon Ekspres
Amboina

Ruko Mardika Kembali Terbakar

SAHDAN FABANYO/AMEKS SUASANA Antusias Warga yang berada di lokasi kebakaran kawasan Pasar Mardika, Sabtu (10/3), malam.

AMEKS ONLINE, AMBON.—Pertokoan Mardika kembali terbakar. Berulangkali kebakaran terjadi di wilayah ini. Pemicunya selalu arus pendek. Muncul spekulasi kalau tuanya instalasi listrik di pertokoan tertua di Maluku itu, menjadi penyebabnya.

Sabtu (10/3) giliran gedung putih yang berada di tengah Ruko-Ruko Mardika terbakar. Insiden itu terjadi pada pukul 19.30 WIT. Saat itu masih ramai pengunjung dan pedagang yang di sibukkan dengan aktifitas jual beli. Entah kenapa muncul percikan api dari lantai tiga salah satu gedung. Kuat dugaan percikan itu berasal dari arus listrik pendek.

Para pengunjung dan pedagang berhamburan keluar gedung maupun lapak-lapak jualan. Beruntung api tidak membesar dan tidak merembet. Sejumlah pedagang dengan cepat mematikan jalur listrik di bangunan tersebut. Api tidak membesar.

Gedung itu lebih banyak dipakai sebagai lokasi penjualan pakaiaan bekas (cakar bongkar). ”Tadi (Sabtu malam) cepat di kasi mati jalur listrik di Gedung Putih. Dan juga kejadian masih tempo jadi cepat diatasi. Kalau kejadiannya tengah malam pasti terbakar besar dan merembet,” kata La Arifin, salah satu pedagang di lokasi kejadian.

Kebakaran terjadi tepat di tempat jualan pakaian bekas milik Wa Muli. Taye Rahman mengaku saat kejadian, dia sedang merapikan barang dan menututup tempat jualannya. Lapaknya dekat jalan dan berhadapan dengan posisi titik terjadi kebakaran tersebut.

Dia dan beberapa pedagang lain langsung bergegas berlari menuju titik kebakaran. Saat itu, dilantai tiga itu, tidak lagi ada aktifitas berdagang. Pintu menuju lantai tiga gedung juga sudah di gembok.

Dengan cepat, Taye Rahman dan beberapa rekan pedagang langsung mengambil air dari Musolah yang juga terletak di lantai 3 bangunan pasar itu. Beberapa menit kemudian personil Polsek Sirimau bersama pemadam kebakaran (Damkar) tiba.

Sekitar empat unit mobil Damkar diterjunkan. ”Beruntung cepat ditangani. Api cepat dipadamkan. Dan mungkin karena kejadian belum larut malam jadi cepat diketahui, karena masih ramai pedagang dan pengunjung. Kebakaran tidak menimbul kerugian yang materil yang serius. Dugaan korseleting listrik arus pendek,” ungkap AKP Wilhemus Minanlarat, Kepal Kepolisian Sektor Sirimau, terpisah. (ERM)

Most Popular

To Top