Pemkot Nunggak Iuran KIS – Ambon Ekspres
Amboina

Pemkot Nunggak Iuran KIS

AMEKS ONLINE, AMBON.–Sebanyak 5.454 warga miskin di Kota Ambon telah terdaftar sebagai pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS). Mereka diakomodir oleh Pemkot Ambon lewat kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Para pemegang kartu KIS ini akan mendapat pelayanan kesehatan gratis sebagai warga tidak mampu. Namun, ternyata iuran KIS dari Januari hingga Maret tahun ini belum dilunasi Pemkot Ambon.
“Jadi ada penunggakan pembayaran iuran kepada BPJS dari Pemkot Ambon. Mulai dari Januari hingga Maret ini. Dan total tunggakan mencapai Rp 190 juta.

Karena untuk satu peserta KIS itu iurannya Rp 23 ribu. Dan Rp 190 juta itu untuk total peserta KIS sebanyak 5.454 orang,” tandas Kabid Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Astuti kepada wartawan di Balai Rakyat DPRD Ambon, kemarin.

Menurutnya, meski sementara terjadi penunggakan, BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat miskin yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). “Pelayanan tetap berjalan, meski ada terjadi penunggakan. Karena tidak bisa dinonaktifkan. Dan batasnya kan sampai Desember kemudian diperpanjang lagi,” ujar dia.

Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Ambon, Chandra mengatakan, tunggakan iuran KIS belum dapat dibayarkan Pemkot Ambon kepada BPJS Kesehatan karena masih menunggu proses audit BPK. Menurutnya, tunggakan iuran ini akan secepatnya dibayarkan kepada pihak BPJS Kesehatan. “Untuk proses permintaan semuanya sudah dikirim ke bagian keuangan Pemkot Ambon. Tapi katanya ada bagian keuangan pemkot masih disibukkan dengan proses audit dari BPK dan bank sehingga terjadi penunggakan hingga bulan ini. Namun minggu ini akan dibayarkan karena surat SPN atau permintaan itu sudah masuk minggu lalu. Tinggal keuangan pemkot membayarnya,’’ terang Chandra.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Ambon, Rovik Akbar Afifudin menegaskan, Pemkot Ambon harus segera melunasi tunggakan tersebut. Karena dari program JKN KIS sudah dialihkan namanya menjadi Kartu Ambon Sehat (KAS). KAS merupakan program baru bagi Pemkot Ambon agar warga miskin bisa memperoleh jaminan kesehatan secara gratis.

Targetnya 7.500 warga yang memperoleh KIS. Namun, hingga saat ini baru terdaftar sebanyak 5.454 orang. “Kami mendesak agar tunggakan tersebut segera dibayar. Karena kartu ini sudah difungsikan menggunakan APBD Kota Ambon,” tegas Rovik.(ISL)

Most Popular

To Top